Qontak WhatsApp

Sales Monitoring: Pengertian dan Manfaatnya

Sales Monitoring- Pengertian dan Manfaatnya

Penjualan merupakan pilar utama dalam perusahaan. Tanpa penjualan, hampir tidak mungkin sebuah bisnis dapat berjalan. Namun, dalam penerapannya setiap aktivitas penjualan membutuhkan pemantauan atau dikenal dengan sales monitoring.

Tujuan sales monitoring adalah untuk mengetahui bagaimana proses penjualan bisnis berjalan di sebuah perusahaan. Selain itu, memantau proses penjualan dapat membantu mengasah proses penjualan yang ada dan memperbaiki performa sales tanpa menerka-nerka bagaimana hasil akhirnya.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang sales monitoring di bawah ini!

Image CTA for Sales Monitoring


Apa itu Sales Monitoring?

Sales monitoring adalah kegiatan memantau, menganalisis, dan menyimpan semua detail aspek dari proses penjualan. Dengan melakukan analisis data tersebut, sales manager dapat membangun strategi berkelanjutan untuk mencapai KPI penjualan.

Jika dilakukan dengan benar, monitoring penjualan dapat memberi penglihatan yang jelas terhadap keseluruhan proses sales dan memberi insight yang dibutuhkan untuk mengubah calon customer menjadi pembeli. Selain itu, memantau sales juga dapat membantu mengelola tahapan sales funnel dengan mudah.


Mengapa Sales Monitoring Penting bagi Bisnis?

Sales monitoring membantu bisnis dalam memantau kinerja tim sales, terutama saat berinteraksi dengan customer. Selain itu sistem ini juga bermanfaat sebagai customer monitoring. Dengan begitu seluruh monitoring customer dan juga sales hanya dalam satu platform.

Selain itu, masih banyak alasan mengapa bisnis harus melakukan monitoring penjualan, di antaranya:

– Memastikan Kehadiran Karyawan

Meski tidak semua karyawan datang ke kantor, Anda tetap bisa memastikan kehadiran mereka untuk bekerja melalui aplikasi sales monitoring. Mereka cukup melakukan check-in atau check-out pada aplikasi setiap harinya. Data tersebut otomatis tercatat dan manajer dapat melihatnya melalui aplikasi.

– Melacak kinerja karyawan

Aplikasi monitoring sales juga berguna untuk memastikan apakah karyawan mengerjakan tugas yang diberikan atau belum. Perhatikan secara seksama, karena ini berpengaruh terhadap target perusahaan. Sementara karyawan cukup melaporkan progress mereka melalui aplikasi bahkan saat customer monitoring di lapangan.

– Memantau Key Performance Indicators (KPI)

Setiap karyawan memiliki target atau KPI yang harus dicapai. Oleh karena itu, monitoring KPI salesman sangat diperlukan sebagai indikator penilaian kinerja karyawan.

Misalnya Apakah mereka bekerja dengan baik? Apakah mereka sudah memenuhi target yang diberikan oleh perusahaan?

– Memitigasi Masalah di Lapangan

Laporan yang diberikan aplikasi sales monitoring bersifat otomatis dan real time. Hal tersebut memudahkan pekerja lapangan melaporkan kendala saat customer monitoring.

Misalnya, customer kehabisan stok atau hilang saat proses penagihan, atau mungkin ada alat yang rusak. Kondisi seperti ini dapat diketahui dengan cepat oleh manajer melalui aplikasi. Hal tersebut selanjutnya segera mendapatkan pengendalian, karena akan menghambat pekerjaan lainnya.

– Mengetahui kondisi fisik dari karyawan

Selain kinerja karyawan, Anda juga harus memperhatikan kondisi fisik atau kesehatan mereka terutama yang bertugas customer monitoring ke lapangan.

Anda harus memastikan keadaan mereka sehat saat bertemu dengan konsumen sehingga dapat bekerja optimal. Selain itu juga mengurangi risiko kecelakaan kerja. Hal tersebut dapat Anda monitoring lewat aplikasi.

– Bahan Pertimbangan Pengambilan Kebijakan

Aplikasi sales monitoring memberikan laporan akurat kinerja karyawan saat bertugas, termasuk dalam customer monitoring.

Hal ini sangat penting sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi bisnis Anda selanjutnya. Di mana bertujuan untuk peningkatan pengelolaan karyawan dan operasional kerja.


Bagaimana Cara Melakukan Sales Monitoring yang Tepat?

Monitoring penjualan dapat dilakukan lebih mudah dengan aplikasi mapping sales atau aplikasi monitoring sales. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah dengan software CRM.

CRM adalah aplikasi yang dapat memberikan pandangan pelanggan secara 360 derajat sehingga membantu Anda melakukan mapping dan monitoring, memfasilitasi aktivitas pada tim sales, serta customer monitoring.

Sementara itu, metode dan alat yang digunakan untuk memantau sales pada tiap perusahaan berbeda-beda. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Sales plan: Sales plan merupakan outline perencanaan sales tahunan yang berisi prosedur untuk mencapai sales Sales plan dapat dibuat bersama dengan tim marketing. Contohnya adalah promosi dan kapan masa berlakunya, diskon untuk beberapa produk, dsb.
  • Target dan kuota sales: Target sales perusahaan harus dirancang dalam sebuah dokumen, demikian juga kuota sales untuk tiap anggota sales. Hal ini akan membuat tim sales fokus untuk mencapai target tersebut.
  • Struktur sales force: Hal lain yang dapat membantu dalam memantau sales menjadi lebih baik adalah memiliki struktur sales force yang jelas, seperti jumlah salesperson, area sales, hierarki, insentif, dsb.
  • Portofolio pelanggan: Hal ini meliputi calon pelanggan maupun pelanggan eksisting. Portofolio pelanggan harus mencakup informasi seperti nama perusahaan, nomor telepon, alamat email, jabatan, dsb.
  • Pelacakan order: perusahaan harus melacak order yang dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok dan mencegah kendala yang mungkin menghambat efektivitas proses sales yang dapat berdampak negatif bagi pelanggan.
  • Daftar barang yang terjual dan harus dibayar: Informasi ini penting untuk melihat order mana yang sudah dan belum dibayar. Mengelola order yang belum dan sudah terbayar merupakan aspek penting dalam monitoring sales.

sales-monitoring-dashboard


Apa Manfaat Sales Monitoring?

Manfaat utama monitoring penjualan adalah untuk melihat keseluruhan proses penjualan pada perusahaan. Sangat penting untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di sales funnel Anda setiap saat dan berapa banyak keuntungan yang mungkin dihasilkan dari peluang yang ada.

Selain itu, masih ada manfaat sales monitoring lainnya yang dapat menguntungkan bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagi berikut:

– Meningkatkan efektivitas tim sales

Memantau aktivitas penjualan dapat membantu efektivitas tim sales secara maksimal. Di mana Anda dapat melacak setiap kegiatan sales secara mudah, sehingga dapat mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan atau diselesaikan.

– Mempersingkat alur operasional

Dengan pendekatan sales yang sistematis, keseluruhan operasional dapat berjalan lebih efisien. Tenaga sales dapat mengalokasikan waktu untuk menghasilkan keuntungan dengan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi tiap calon pembeli.

– Mengurangi proses yang berulang

Monitoring sales membantu Anda untuk mengetahui setiap aktivitas penjualan yang dilakukan. Sehingga dapat memastikan konsistensi untuk tugas tertentu, yang dapat membantu mencegah detail-detail penting terlewat.

Dengan demikian, Anda dapat memastikan setiap klien menerima perhatian yang pantas sehingga tidak ada lagi pelanggan atau kesempatan yang hilang.

– Membantu membuat standard kerja

Monitoring penjualan dapat membantu Anda untuk membuat standard kerja untuk seluruh tim sales. Standard ini wajib diikuti oleh seluruh tim sales dan akan terekam pada sistem CRM. Informasi yang dihasilkan akan terkelola dengan baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

– Meningkatkan prakiraan penjualan yang akurat

Melakukan monitoring penjualan memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan yang lebih baik di semua tingkatan dan ini juga berlaku untuk penjualan, termasuk prakiraan penjualan atau sales forecast.

– Memahami dinamika data berdasarkan laporan

Sistem dalam CRM dapat menghasilkan laporan secara otomatis, yang berisi informasi mengenai proses sales. Hal ini dapat membantu sales manager dalam mengambil keputusan dan langkah strategis untuk meningkatkan penjualan di kemudian hari.

sales-monitoring-report


Apa saja Fitur Wajib Ada dalam Aplikasi Sales Monitoring?

Berikut adalah beberapa fitur yang wajib ada dalam sebuah aplikasi sales monitoring:

1. Sales Automation

Automation-Sales-Monitoring

Dengan melakukan otomatisasi pada tugas seperti kualifikasi calon pembeli dan pemberian tugas, tenaga sales dapat terhindar dari tugas yang menghabiskan waktu dan lebih berfokus dalam menggiring calon pembeli untuk mengambil keputusan

2. Visualisasi Proses Sales

Visualisasi-Proses-Sales

Memantau sales membantu perusahaan dalam memberikan insight yang lebih baik pada proses penjualan secara real-time. Aplikasi CRM mampu menampilkan visualisasi tiap aspek pada sales funnel, mulai dari mencari calon pembeli hingga follow up dan memprediksi keuntungan.

3. Kemampuan penjualan jarak jauh

Pemantauan-Jarak-jauh-Sales-Monitoring

Sebuah sistem CRM yang baik harus dapat memantau aktivitas tim lapangan dari jarak jauh. Perusahaan harus dapat melihat apa yang terjadi di lapangan dan tetap terhubung dengan tim lapangan.


Aplikasi CRM Sebagai Solusi untuk Sales Monitoring

Aplikasi sales monitoring seperti CRM Mekari Qontak merupakan solusi terbaik bagi tim sales maupun sales manager untuk melihat seluruh proses penjualan yang berlangsung di perusahaan.

Ini karena sistem CRM mampu mengumpulkan, mengelola, dan menyimpan seluruh data transaksi yang terjadi di perusahaan. Selain itu, aplikasi CRM juga memiliki berbagai fungsi lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan monitoring, misalnya seperti:

  • Melihat penjualan perusahaan secara keseluruhan
  • Memiliki data terbaru yang dapat diandalkan
  • Melacak tiap tahapan deals yang sedang berlangsung
  • Mengelola pencapaian KPI perusahaan
  • Menghasilkan sales report
  • Membantu pengambilan keputusan untuk meningkatkan strategi penjualan

Saya Mau Coba Gratis Aplikasi Sales Monitoring Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!


Dapatkan Aplikasi CRM untuk Sales Monitoring Bisnis Anda Sekarang!

Aplikasi Sales CRM Mekari Qontak

 

Sales monitoring adalah kegiatan yang wajib dilakukan bisnis maupun sales manager. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dan proses sales berjalan dengan lancar dan dengan semestinya. Namun, melakukan monitoring penjualan secara manual bisa menjadi sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan aplikasi sales monitoring terbaik yang dapat membantu pemantauan proses penjualan bisnsi Anda.

kegiatan memantau, menganalisis, dan menyimpan semua detail aspek dari proses penjualan. Dengan melakukan analisis data tersebut, sales manager dapat membangun strategi berkelanjutan untuk mencapai KPI penjualan.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung sales monitoring bisnis Anda. Aplikasi CRM Mekari Qontak tidak hanya memungkinkan Anda untuk memantau penjualan, tetapi juga mengotomatiskan seluruh proses penjualan. Sehingga menjadi lebih mudah, cepat, dan efektif.

Selain itu, Anda juga dapat menginetgrasikan aplikasi CRM Mekari Qontak dengan berbagai sistem pendukung bisnis lainnya dalam satu platform terpadu. Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu bisnis dan telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

You may also like

By