Qontak WhatsApp

10 Sales Tracking Software Terbaik Tahun 2022

10 Sales Tracking Software Terbaik

Sales Tracking Software Solusi Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

Pelacakan penjualan membantu bisnis dapat mengetahui seberapa efektif strategi sales yang diterapkan. Untuk mempermudah dalam pemantauan, bisnis biasanya menggunakan sales tracking software.

Di antara banyaknya sales tracking app di pasar, mungkin Anda bingung untuk menentukan mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, kami merekomendasikan 10 sales tracking software terbaik yang bisa Anda pilih. Kami juga membahas apa saja yang wajib dimiliki oleh sales tracking system.

10 sales tracking software terbaik untuk meningkatkan penjualan adalah:

  1. Mekari Qontak
  2. Freshworks
  3. Close CRM
  4. Bitrix24
  5. Insightly
  6. Copper
  7. Pipedrive
  8. Salesflare
  9. Nutshell
  10. EngageBay

Untuk lebih jauh mempelajari tentang sales tracking software, pelajari selengkapnya pada artikel dibawah ini.

aplikasi CRM Mekari Qontak


Apa itu Sales Tracking Software?

Sales tracking software adalah sistem yang dirancang untuk membantu bisnis melacak aktivitas penjualan mereka dengan cepat dan akurat. Sistem ini cocok untuk bisnis skala kecil (small business) hingga bisnis enterprise sekalipun.

Aplikasi penjualan ini umumnya menyediakan alur proses penjualan yang akan ditampilkan dalam dashboard. Dari tampilan tersebut, tenaga penjualan tahu di tahap mana setiap prospek berdiri pada waktu tertentu dan langkah mana yang perlu diambil selanjutnya.

Sales tracking software cocok juga membantu Anda lebih memahami pembeli target Anda, mengidentifikasi potensi masalah saluran sebelum menjadi masalah besar. Selain itu, aplikasi ini juga mendorong meningkatkan kinerja salesman berkat dukungan analitik bisnis terperinci.

Baca juga: Software Sales: 7 Pilihan Terbaik, No 1 Wajib


Apa Saja Fitur yang Ada pada Sales Tracking Software?

Penggunaan sales tracker jelas dapat membantu bisnis dalam persoalan penjualan. Namun, seberapa baik dukungan yang dapat diberikan sales tracker tergantung pada aplikasi dan fitur apa akan yang digunakan digunakan oleh bisnis.

Berikut adalah beberapa fitur umum yang dapat Anda temukan dalam sales tracking software:

Database

Fitur database umumnya dapat Anda temui pada sales tracking software berbasis cloud. Di mana dalam penerapannya, fitur ini memungkinkan Anda untuk merekam, menyimpan, dan mengelola semua interaksi dan informasi terkait pelanggan. Kemudian memanfaatkannya untuk membuat keputusan atau strategi penjualan yang lebih baik.

– Manajemen Pipeline

Sales tracking software juga dilengkapi dengan sales pipeline untuk melihat tiap tahapan prospek yang sedang ditangani. Hal tersebut untuk memastikan tidak ada deals yang terlewatkan oleh tim sales.

Manajemen pipeline yang baik juga dapat membantu memperbaiki proses follow up, mengatur pengingat untuk tenaga sales, dan melacak deals yang sedang berlangsung.

– Laporan dan Analisis

Fitur laporan dan analisis memungkinkan Anda untuk memiliki wawasan dan perspektif terkiat pelanggan, penjualan, dan bisnis secara keseluruhan. Di mana dalam prosesnya, semua hal tersebut dilakukan secara otomatis. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk lebih memahami pelanggan dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

Dashboard Canggih

Dashboard laporan yang canggih seharusnya dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan. Selain itu, dasbor ini juga dapat menampilkan berbagai tampilan informasi penting terkait produk, pelanggan, dan transaksi penjualan. Sehingga dapat memudahkan sales untuk melakukan proses penjualan.

– Kolaborasi

Fitur kolaborasi pada sales tracking software dapat membantu mengatur tugas dan tanggung jawab dalam lingkungan penjualan secara adil. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu untuk meningkatkan komunikasi antar tim, sehingga dapat menyelesaikan setiap tugas dengan baik dan mencegah terjadinya miskomunikasi.

– Integrasi

Anda mungkin tidak berpikir fitur integrasi merupakan salah satu fitur penting dalam sebuah sales tracking tool. Namun sebenarnya, keberadaan fitur integrasi ini dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan dan pemantauan penjualan. Terutama jika Anda memiliki banyak saluran penjualan.

Di mana dalam hal ini, Anda dapat mengintegrasikan sales tracking software dengan sistem omnichannel, media sosial, atau sistem pendukung bisnis lainnya.

– Akses Mobile

Tenaga sales lapangan memiliki mobilitas tinggi untuk melakukan banyak hal seperti meeting dengan banyak klien di berbagai lokasi. Oleh karena itu, sales tracking tools harus memiliki akses mobile yang dapat mendukung pekerjaan mereka dan memastikan tetap produktif selama berada di luar kantor.

Idealnya, perangkat ini harus memiliki fitur absen sales lapangan memiliki kemampuan offline ,sehingga tenaga sales dapat melayani klien tanpa harus bergantung pada internet. Perubahan yang terjadi dapat tersinkronisasi ketika sudah ada koneksi internet untuk mencegah memasukkan data secara manual.

Saya Mau Coba Gratis Tools CRM Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Tools CRM Sekarang!

Apa Manfaat Sales Tracking Software bagi Bisnis?

Sales tracker penting bagi bisnis karena dapat membantu manajer dalam meninjau dan menghimbau performa penjualan setiap sales. Namun, manfaat yang diperoleh dari penggunaan sales tracking tools ternyata tidak hanya itu saja, masih ada banyak manfaat lainnya yang dapat menguntungkan bisnis.

Berikut adalah manfaat sales tracking software:

1. Mendapatkan wawasan tentang pelanggan

Sales tracker dapat membantu Anda khususnya tim penjualan, untuk mengetahui dan lebih memahami kebutuhan pelanggan melalui informasi yang diperoleh dari histori pelanggan. Informasi tersebut kemudian dapat dimanfaatkan untuk mengambil keputusan atau melakukan strategi yang lebih baik untuk penjualan Anda.

2. Meningkatkan penjualan

Kemudahan yang diberikan oleh sales tracking tool tidak hanya dapat membantu Anda untuk lebih memahami pelanggan, tetapi juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

Hal ini berkaitan dengan poin pertama, di mana informasi yang Anda peroleh terkait pelanggan dapat membantu Anda untuk mengambil keputusam yang lebih baik, dan pada akhirnya meningkatkan peluang penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

3. Memiliki koordinasi tim yang lebih baik

Dalam menghasilkan penjualan, tim marketing dan sales harus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan baik. Apabila terdapat kesenjangan di antara keduanya, maka akan sulit bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka.

Di sinilah sales tracking software memainkan peranan penting untuk menjembatani kesenjangan dan menciptakan koneksi yang menghasilkan operasi yang lebih kohesif antara karyawan di perusahaan Anda.

4. Menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan

Sales tracking software dapat membantu bisnis untuk merampingkan proses penjualan dan meningkatkan produktivitas bisnis dalam setiap tahapan penjualan. Akibatnya, operasional berjalan dengan lancar, produktivitas meningkat, dan kinerja bisnis mencapai tingkat maksimal.

Apabila hal tersebut terjadi, maka tentu saja pelanggan juga akan memeroleh pengalaman yang menyenangkan, dan tidak mungkin bagi mereka untuk melakukan pembelian kembali atau bahkan menjadi salah satu pelanggan loyal bisnis Anda.

5. Membantu mengambil keputusan yang lebih akurat

Sales tracker dapat membantu manajer untuk melihat, memantau, dan mengevaluasi kinerja sales dan tim dalam melakukan penjualan. Selain itu, sales tracking software juga dapat memberikan hasil analisis dan laporan penjualan yang akurat.

Dengan demikian, manajer dapat memanfaatkan hasil analisis, laporan, ataupun informasi terkait pelanggan untuk mengambil keputusan yang lebih baik, tepat waktu, dan akurat.


Apa Saja Keuntungan yang Diperoleh dengan Menggunakan Sales Tracking Software?

Kelebihan utama sales tracking software adalah semua aktivitas penjualan terpantau secara real time. Selain itu, masih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dari fitur-fitur yang dimiliki sales tracking tools, antara lain seperti berikut:

– Melacak Prospek Baru

Sebagai tenaga penjualan, mendapatkan prospek baru selalu menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, sales tracking app yang baik harus memudahkan Anda mendapatkan informasi penting untuk setiap prospek yang ditangkap dari semua saluran Anda.

Informasi yang dimaksud meliputi Identitas prospek, bagaimana mereka Menemukan Perusahaan Anda hingga tahapan atau alur penjualan setiap prospek berada pada saat tertentu. Dengan begitu, Anda akan catatan terperinci setiap prospek Anda yang memudahkan untuk menutup transaksi.

Sales Forecasting

Sales forecasting adalah tindakan memprediksi angka penjualan di masa depan. Banyak perusahaan menggunakan perkiraan penjualan untuk membuat keputusan bisnis yang penting, memprediksi kinerja yang akan datang, dan mengalokasikan sumber daya organisasi dengan tepat.

Sales tracking app memberikan Anda data penjualan masa lalu dan saat ini untuk seluruh tim penjualan Anda. Dari data tersebut, Anda dapat memprediksi penjualan di masa mendatang berdasarkan angka-angka tersebut dengan relatif presisi.

– Laporan kinerja

Sales tracking tool memudahkan Anda melihat kapan terakhir kali interaksi prospek, saluran komunikasi (telepon, email, teks, dll.) yang digunakan, total berapa kali Anda menghubungi mereka, dan lainnya. Informasi ini dapat digunakan untuk pendekatan penjualan hingga close deal.

Pemantauan aktivitas juga bagus untuk manajer penjualan, karena memudahkan Anda untuk mengevaluasi salesman dengan lebih baik, menjadi pelatih yang lebih efektif, dan menyusun strategi penjualan yang lebih efektif berdasarkan data akurat.

– Catatan kerugian

Bagi bisnis sangat penting untuk menyimpan catatan transaksi potensial yang gagal atau kerugian. Meskipun mungkin menyakitkan untuk melihat dan mempelajari angka-angka ini, mengetahui alasan spesifik Anda kehilangan kesepakatan.

Catatan penjualan dapat membantu Anda meningkatkan pendekatan penjualan lebih baik dan memastikan bahwa Anda tidak mengulangi hal yang sama di masa depan. Selain itu, juga mempermudah Anda untuk memperkirakan angka penjualan dengan lebih baik dalam periode waktu tertentu.

Funnel Reports

Sales tracking tools mampu menampilkan setiap bagian corong (funnel) untuk melihat seberapa dekat prospek dengan penjualan secara real time. Dari tampilan tersebut, Anda juga bisa mengidentifikasi apa yang mencegah prospek melakukan perjalanan lebih jauh ke saluran Anda, dan strategi penjualan mana yang paling efektif.

Conversion Rate

Salah satu cara paling produktif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan meningkatkan conversion rate Anda. Sales tracking tools yang berkualitas secara otomatis menghitung conversion rate untuk setiap salesman di tim Anda, atau menurut sumber prospek atau atribut lainnya.

Manajer juga dapat melihat penjualan mana yang memiliki rasio konversi tertinggi, kemudian menganalisis taktik mereka, dan menemukan cara anggota tim teratas secara konsisten mencapai close deal. Informasi ini kemudian dapat diteruskan ke repetisi yang kesulitan.

– Menghitung Rata-Rata Pendapatan

Dengan menggunakan sales tracker, Anda dapat mengetahui metrik pendapatan per penjualan dan mengukur rata-rata jumlah pendapatan yang Anda peroleh dari setiap close deal. Di mana secara umum, semakin tinggi metrik pendapatan, maka akan semakin baik pula hasil transaksi Anda.

Selain itu, mengetahui pendapatan per jualan juga dapat membantu Anda untuk mengetahui seberapa efektif kinerja sales dan tim bisnis Anda dalam meningkatkan penjualan.

– Meningkatkan Peluang

Penggunaan sales tracker dapat memungkinkan Anda untuk melihat informasi dengan cepat, khususnya informasi terkait peluang kesepakatan dan penjualan baru.

Informasi tersebut dapat Anda peroleh melalui riwayat transaksi penjualan dan hasil strategi penjualan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Yang kemudian di evaluasi untuk menentukan strategi baru dan meningkatkan peluang penjualan baru.

Bagaimana Cara Kerja Sales Tracking Software?

Infografis Cara Kerja Sales Tracking Software

Cara kerja sales tracking software sebenarnya cukup mudah. Pengguna atau sales dapat menggunakan sales tracking tools untuk meminta dokumen online yang dibutuhkan tanpa harus kembali kantor. Di sisi lain mereka juga tidak perlu repot membawa tumpulkan file dan dapat meminimalisir risiko adanya human error.

Sales tracking software dapat memungkinkan tim penjualan dalam memeroleh seluruh informasi yang mereka butuhkan, seperti perencanaan rute yang paling efisien dan semua deskripsi permintaan layanan yang dibutuhkan.

Selain itu, manajer dapat menggunakan sales tracker untuk memantau tim penjualan di lapangan dengan melihat live GPS dan real-time updates dari hasil perkembangan tugas yang dilakukan.

Lebih lanjut, alat ini juga dapat membantu manajer untuk merotasi lokasi kerja, mengganti tugas, dan peran tim penjualan di lapangan. Sedangkan tim yang berada di lapangan akan langsung mengetahui perubahan tugas tersebut melalui aplikasi sales yang terinstall di perangkatnya.


10 Sales Tracking Software Terbaik Tahun 2022

1. Mekari Qontak

apa-itu-sfa-sales-force-automation-pada-sales-report-qontak

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi CRM ini juga dilengkapi dengan sales tracking software untuk melacak semua aktivitas penjualan Anda pada satu dashboard. 

Dengan demikian, CRM sales tracking Mekari Qontak dapat memudahkan Anda untuk menganalisis proses penjualan secara real time. Mekari Qontak juga didukung pemicu yang akan otomatis mengingatkan Anda untuk segera menindaklanjuti prospek yang sudah lama terabaikan.

Selain itu, CRM sales tracking dari Mekari Qontak ini juga cocok untuk digunakan berbagai ukuran bisnis, baik small business maupun enterprise sekalipun.

Saya Mau Coba Gratis Tools CRM Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Tools CRM Sekarang!

Fitur sales tracking software Mekari Qontak

  • Tampilan Database 360 Derajat yang memberitahu Anda tentang semua tentang prospek, dari satu layar – dalam perspektif statis dan dinamis.
  • Laporan penjualan, layanan pelanggan & proyek yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
  • Dashboard kuat pada ujung jari Anda yang menampilkan laporan di layar Anda, dapat diunduh.
  • Laporan target vs. pencapaian oleh tim & anggota.
  • Laporan garis tren dan aktivitas selama periode waktu mingguan, bulanan, triwulanan, dan tahunan.
  • Drag deal card dari satu tahap ke tahap lainnya dengan mudah dan atur pop up field yang diperlukan untuk memastikan proses SOP yang diikuti.
  • Tampilan beberapa jalur pipeline Qontak memungkinkan Anda untuk beralih di antara semua proses penjualan bisnis Anda dalam satu sistem terpadu dengan mudah.
  • Dokumen yang disesuaikan dari Word atau Spreadsheets.
  • Menangani deal yang membusuk dan pipeline yang saling terhubung.

Harga yang ditawarkan Mekari Qontak mulai dari Rp200.000 dengan uji coba gratis selama 14 hari.

2. Freshworks

Freshworks

Freshworks CRM adalah CRM sales tracking system yang didukung oleh kecerdasan buatan “Freddy AI.” Aplikasi ini membantu Anda menemukan prospek terbaik, mengelola jalur pipa secara visual, memperkirakan pendapatan, mendorong kesepakatan hingga penutupan, sekaligus memelihara pelanggan yang sudah ada.

Fitur yang dimiliki oleh Freshworks antara lain:

  • Personalized engagement
  • Pipeline management
  • AI-powered insights
  • Sales automation
  • Performance reporting

Harga untuk menggunakan Freshworks mulai dari $15.00 per bulan

3. Close CRM

close

Close memiliki alat pelaporan canggih yang memungkinkan Anda melacak indikator kinerja utama. Dashboard Close memberikan gambaran visual indikator tersebut kepada tim penjualan Anda, membantu mereka tetap di jalur dan mencapai tujuan mereka. Close juga merinci kinerja setiap anggota tim berdasarkan metrik mana pun yang Anda pilih untuk dilacak.

Fitur yang ditawarkan Close CRM antara lain:

  • Lead management
  • Pipeline management
  • Activity and performance metrics
  • Sales reporting
  • Email automation
  • Easy customization

Biaya yang harus dibayarkan untuk menggunakan Close CRM mulai dari $29.00 per bulan.

4.  Bitrix24

Bitrix24

Bitrix24 menawarkan aplikasi CRM yang mampu melacak aktivitas pemasaran sehingga Anda dapat melihat kampanye mana yang berhasil. Aplikasi ini juga akan melacak saluran efektif untuk menurunkan jumlah uang yang Anda keluarkan untuk pemasaran. Bitrix24 juga menawarkan sejumlah alat sales tracking yang ditujukan untuk membantu Anda meningkatkan tingkat konversi, serta melihat bagaimana kinerja tim penjualan.

Fitur yang dimiliki Bitrix24 meliputi:

  • Task Automation
  • CRM Document Builder
  • Expense Tracking
  • Mobile Tasks

Harga yang ditawarkan Bitrix24 mulai dari $39.00 per bulan

5. Insightly

Insightly Sales Tracking Software

Insightly didukung dasbor yang berfungsi dengan baik untuk memecah data yang ingin Anda lacak. Dashboard ini juga menyediakan tampilan dalam format visual, sehingga memudahkan untuk kinerja tim penjualan menindaklanjuti prospek. Insightly juga memiliki fitur business intelligence yang dapat membantu Anda membuat visualisasi data Anda sendiri.

Fitur yang ditawarkan oleh Insightly adalah

  • Reporting
  • Dashboards
  • Forecasting
  • Contact & Account Management

Biaya untuk menggunakan Insightly mulai dari $29.00 per bulan.

6. Copper

Copper Sales Tracking Software

Copper adalah aplikasi CRM populer yang dirancang khusus untuk pengguna G Suite. Ketika Copper dan Google digabungkan, perwakilan penjualan dapat dengan mudah mengelola kontak, penawaran, email, file, dan lainnya dari satu lokasi. Copper memungkinkan Anda untuk memantau prospek baru melalui setiap tahap saluran penjualan, sambil menganalisis metrik penting seperti pendapatan penjualan per bulan.

Fitur yang ditawarkan oleh Copper adalah

  • Reporting
  • Dashboards
  • Forecasting
  • Desktop Integration

Harga yang ditawarkan Copper mulai dari $29.00 per bulan.

7. Pipedrive

Pipedrive-Sales Tracking Software

Pipedrive adalah sales tracking software yang memberi Anda akses ke manajemen prospek, pelacakan komunikasi, otomatisasi saluran, dan fitur pelaporan terperinci. Aplikasi ini juga memiliki beberapa solusi pelacakan penjualan yang berguna yang harus Anda ketahui. Misalnya, Pipedrive mengingatkan tim penjualan saat kesepakatan potensial tetap menganggur terlalu lama.

Fitur yang dimiliki oleh Pipedrive adalah:

  • Manajemen prospek dan deals
  • Insight dan laporan
  • Automate and grow
  • Integrasi mobile App
  • Track communications

Biaya yang harus dibayarkan untuk menggunakan Pipedrive mulai dari $12.50 per bulan.

8. Salesflare

Salesflare Sales Tracking Software

Salesflare adalah CRM sales yang dibangun untuk melacak prospek penjualan dan pelanggan Anda secara otomatis. Aplikasi mengumpulkan semua data tentang mereka dari email, kalender, telepon, media sosial, database perusahaan, email, dan pelacakan web Anda.

Salesflare juga mendorong Anda secara otomatis untuk menindaklanjuti prospek menjadi pelanggan.

Fitur yang ditawarkan oleh Salesflare sebagai berikut:

  • Contact & Account Management
  • Opportunity & Pipeline Mgmt.
  • Desktop Integration
  • Quote & Order Management
  • Forecasting

Harga yang ditawarkan Salesflare mulai dari $35.00 per bulan

9. Nutshell

Nutshell Sales Tracking Software

Nutshell menawarkan sales tracking app yang mudah digunakan dan sangat kuat. Melalui Nutshell, Anda akan dapat melihat prospek dan posisinya saat ini di saluran Anda, menilai metrik penting seperti tingkat konversi dan pendapatan per penjualan. Dari tampilan tersebut, Anda bisa menganalisis aktivitas penjualan secara real time.

Fitur Nutshell yang bisa Anda gunakan adalah

  • Lead Management
  • Customer Contract Management
  • Reporting
  • Dashboards
  • Forecasting

Biaya untuk berlangganan Nutshell mulai dari $20.00 per bulan

10. EngageBay

EngageBay-Sales Tracking Software

EngageBay menawarkan UI cerdas dan intuitif yang memudahkan strategi penjualan Anda. Aplikasi EngageBay dapat terintegrasi dengan mudah dengan Gmail atau Office365 untuk sinkronisasi dua arah, dan juga dengan alat penjualan lainnya. EngageBay mampu mengotomatiskan saluran penjualan Anda dengan mudah, membuat dan melacak beberapa alur kesepakatan dari satu dasbor sederhana.

Fitur yang dimiliki oleh EngageBay sebagai berikut:

  • Basic Reporting
  • Segmentation
  • Lead Scoring and Grading
  • Lead Nurturing
  • Automated Alerts and Tasks
  • Web Analytics

Harga berlangganan EngegeBay mulai dari $11.99 per bulan

Rekomendasi: 7 Aplikasi Tracking Karyawan Gratis Terbaik 2021


Pilih Sales Tracking Software Terbaik Sekarang!

Aplikasi CRM Mekari Qontak

Sales tracking software mempermudah bisnis dalam memantau seluruh aktivitas penjualan Anda. Seperti yang diketahui memantau penjualan sangat penting untuk bisnis, terutama untuk menentukan strategi peningkatan penjualan lebih baik kedepannya.

Salah satu yang menawarkan sales tracking app terbaik adalah Mekari Qontak. Tidak hanya penjualan, aplikasi CRM Mekari Qontak bisa digunakan memantau aktivitas pemasaran dan layanan pelanggan tanpa berpindah platform.

Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, COBA GRATIS CRM Sales Tracking Software terbaik dari Mekari Qontak sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau COBA GRATIS dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

0 comments

By