Qontak WhatsApp

Mengenal Apa Itu Sasaran Penjualan, Fungsi, dan Jenisnya

Sasaran Penjualan dalam Bisnis

Dalam melakukan penjualan dibutuhkan yang namanya sasaran penjualan atau sales target/sales goals untuk membantu tim sales dalam memahami tujuan mereka. Sehingga, tim dan agen sales dapat terdorong untuk melakukan tugas dan menghasilkan pekerjaan yang berdampak pada keuntungan perusahaan.

Sementara itu, sasaran penjualan dapat dibedakan ke dalam beberapa kategori yang berbeda tergantung dengan tujuan perusahaan itu sendiri. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang sasaran penjualan di bawah ini!

9 jenis sasaran penjualan yang dapat digunakan oleh bisnis:

  1. Monthly Goals
  2. Activity Goals
  3. Waterfall Goals
  4. Sequence Goals
  5. Win Rate Goals
  6. Incentivized Goals
  7. Unit Goals
  8. Mentor Goals
  9. Stretch Goals 

Image CTA for Sasaran penjualan


Apa Itu Sasaran Penjualan?

Sasaran penjualan adalah tujuan yang ditetapkan untuk tim penjualan agar dapat mencapai angka tertentu. Sasaran ini biasanya akan berpusat pada KPI sales tertentu dan sering dikaitkan dengan sasaran bisnis yang menyeluruh.

Dalam hal ini, tim penjualan, eksekutif, hingga departemen keuangan perlu berkolaborasi untuk menetapkan sasaran penjualan yang dapat memuaskan visi dan ambisi perusahaan yang lebih luas untuk pertumbuhan.

Apabila sasaran penjualan telah disepakati, maka itu akan menjadi tanggung jawab tim penjualan untuk menerjemahkannya ke dalam tindakan yang terukur dan dapat dicapai.


Apa Fungsi Sasaran Penjualan untuk Bisnis?

Tujuan utama sasaran penjualan adalah memberikan angka pasti yang perlu dicapai oleh tim penjualan dalam melakukan proses penjualan. Namun, fungsi sasaran penjualan sebenarnya tidak hanya itu saja.

Berikut adalah fungsi sasaran penjualan:

  • Memberikan gambaran numerik yang jelas dan terukur bagi tim untuk mencapai jumlah target mereka.
  • embantu manajemen untuk merencanakan strategi untuk mencapai angka penjualan.
  • Bertindak sebagai panduan bagi tim penjualan dan memberikan arahan untuk bergerak maju.
  • Bertindak sebagai dasar yang dengannya pencapaian dapat dibandingkan dan diukur.

Baca Juga: 13 Program Sales untuk Meningkatkan Penjualan secara Efektif


Jenis Sasaran Penjualan Apa yang Harus Digunakan oleh Bisnis?

Terdapat berbagai macam jenis sasaran penjualan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Berikut adalah jenis sararan penjualan yang dapat digunakan oleh bisnis:

1. Monthly Goals / Tujuan bulanan

Sasaran penjualan bulanan adalah target yang harus dicapai pada akhir setiap bulan. Sasaran-sasaran ini dapat difokuskan pada peningkatan tugas atau fungsi pekerjaan apa pun seperti pencarian calon pelanggan, pengurutan, atau penutupan.

Sasaran bulanan sangat bagus untuk check-in kemajuan fungsi pekerjaan tertentu karena check-in harian dan mingguan akan terlalu sering untuk menilai keberhasilan seorang perwakilan, dan check-in triwulanan dan tahunan akan dianggap terlalu jarang.

2. Activity Goals / Tujuan Kegiatan

Sasaran kegiatan mengacu pada berbagai aspek fungsi dan tugas pekerjaan masing-masing perwakilan harian. Anda dapat menetapkan sasaran aktivitas untuk periode waktu apa pun yang Anda pilih seperti mingguan atau bulanan untuk memastikan aktivitas spesifik diselesaikan sesuai jadwal.

Sasaran-sasaran ini ideal untuk meningkatkan jenis kegiatan atau fungsi pekerjaan tertentu, seperti meningkatkan jumlah interaksi tatap muka yang dilakukan perwakilan dengan prospek setiap minggu.

3. Waterfall Goals

Tujuan air terjun diatur dalam format top-down. Ini berarti mereka memasukkan perincian tentang tujuan dan harapan untuk setiap individu dalam tim dari atas (anggota peringkat tertinggi tim) turun (ke anggota tim yang paling tidak berpengalaman).

Mereka juga menyebut tujuan air terjun karena mereka memperhitungkan waktu peningkatan dan kurva pembelajaran untuk anggota tim yang lebih baru. Ini membantu Anda meningkatkan moral tim dan memastikan perwakilan Anda yakin akan kemampuan mereka sehingga mereka menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi di semua tingkatan.

4. Sequence Goals – Sasaran Penjualan yang Berurutan

Mengurutkan sasaran memprioritaskan semua sasaran tim penjualan Anda dari yang paling penting sampai yang paling penting. Ini memungkinkan repetisi Anda fokus pada satu tujuan pada satu waktu dan mengasah pada target tertentu sebelum bekerja pada tujuan berikutnya.

Bahkan jika masing-masing perwakilan Anda tidak dapat mencapai setiap tujuan yang telah ditetapkan, mereka dapat berfokus pada tujuan dengan nilai tertinggi untuk perusahaan Anda terlebih dahulu (atau tujuan yang paling memengaruhi garis bawah Anda).

5. Win Rate Goals

Tingkat menang adalah persentase dari penawaran yang ditutup dalam periode waktu tertentu. Karena tingkat kemenangan adalah hanya satu persentase di mana Anda dapat mengevaluasi keberhasilan.

Itu adalah cara sederhana untuk membandingkan perwakilan ‘satu sama lain dan menciptakan rasa kompetisi persahabatan di tim.

6. Incentivized Goals – Target Penjualan Insentif

Sasaran yang diberi insentif menghasilkan repetisi yang menerima hadiah dalam bentuk apa pun begitu mencapai target yang ditetapkan.

Insentif biasanya ditentukan oleh tenaga penjualan, manajer, atau eksekutif tingkat tinggi dan mungkin termasuk imbalan berwujud atau tidak berwujud. Mereka hebat untuk memotivasi perwakilan dan membawa keunggulan kompetitif bagi tim.

7. Unit Goals

“Unit” adalah produk yang dijual – produk mungkin berwujud (seperti topi baseball) atau tidak berwujud (seperti CRM). Anda dapat menetapkan sasaran harian, mingguan, bulanan, triwulanan, atau tahunan agar perwakilan Anda menjual sejumlah unit tertentu.

Sasaran unit sangat bagus jika Anda ingin fokus secara eksklusif pada peningkatan jumlah produk individual yang dijual oleh perwakilan Anda sepanjang waktu tertentu.

8. Mentor Goals

Tujuan mentor dibuat antara perwakilan dan mentor (atau anggota tim yang lebih berpengalaman).

Jika seorang perwakilan sedang berjuang di beberapa bidang pekerjaan mereka, tujuan-tujuan ini memungkinkan mereka untuk bekerja secara langsung dengan seorang mentor untuk mengembangkan suatu proses di mana mereka dapat meningkatkan keterampilan mereka.

9. Stretch Goals

Stretch Goals adalah “peregangan” untuk dicapai. Jenis sasaran apa pun yang kami ulas di atas dapat diubah menjadi sasaran regangan – cukup jadikan dasar sasaran non-regangan yang Anda tentukan terlebih dahulu. Peregangan sasaran ideal jika Anda ingin meningkatkan motivasi dan fokus pada masa depan apa yang mungkin dicapai oleh tim penjualan Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang berbagai jenis sasaran penjualan, anda dapat meninjau cara menetapkan target penjualan. Apa pun jenis perusahaan tempat Anda bekerja, Anda dapat menggunakan langkah-langkah ini untuk menetapkan tujuan penjualan Anda:

Baca Juga: Cara Ampuh untuk Mencapai Target Penjualan Bisnis


Pilihlah Sasaran penjualan yang Tepat untuk Bisnis Anda!

Aplikasi Sales CRM Mekari Qontak

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya sasaran penjualan menjadi salah satu hal penting yang perlu ditetapkan untuk membantu proses penjualan agar dapat berjalan dengan sebaik mungkin. Di saat yang bersamaan, Anda juga dapat menggunakan sasaran penjualan untuk mengevaluasi tujuan dan target penjualan yang telah ditentukan.

Namun, mengevaluasi hasil penjualan dan kinerja tim sales secara manual bisa menjadi hal yang melelahkan. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan aplikasi sales CRM terbaik yang dapat membantu Anda untuk memantau kinerja karyawan bisnis Anda dalam proses pencapaian target KPI yang telah ditentukan.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dilengkapi dengan fitur dashboard laporan canggih, sehingga Anda dapat dengan mudah mengevaluasi target dan pencapaian yang diperoleh anggotan dan tim penjualan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi CRM Qontak dengan sistem bisnis lainnya guna mempermudah dan meningkatkan bisnis Anda.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

You may also like

By