Qontak WhatsApp

11 Strategi B2B Marketing yang Efektif untuk Bisnis

Strategi B2B Marketing untuk Bisnis

Apakah Anda berkecimpung di bisnis B2B dan sedang mencari strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda? Jika iya, strategi B2B marketing bisa solusi yang tepat untuk bisnis Anda!

Namun, apa saja strategi B2B marketing yang efektif untuk bisnis? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang strategi pemasaran B2B di bawah ini!

11 Strategi B2B Marketing yang Efektif untuk Bisnis Anda:

  1. Analisis Kompetitor
  2. Content Marketing
  3. Email Marketing
  4. Membuat Website Sendiri
  5. Search Engine
  6. Manfaatkan Iklan
  7. Social Media Marketing
  8. Marketing Automation
  9. Sistem CRM
  10. Referral Marketing
  11. SMS Marketing

Image CTA for Strategi B2B marketing


Apa itu B2B Marketing?

B2B Marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang dikhususkan untuk meraih pasar pebisnis atau organisasi. Tujuan B2B marketing adalah membuat klien bisnis Anda familiar dengan brand, value produk, dan layanan Anda, sehingga dapat mengubah mereka menjadi pelanggan.

Mekari Qontak adalah contoh perusahaan yang bergerak di bidang B2B marketing. Pelanggan Mekari Qontak adalah bisnis lain, bukan pelanggan individu. Oleh karena itu, semua strategi marketing kami dapat dikategorikan sebagai B2B.

B2B Marketing Vs B2C Marketing

B2C marketing dan B2B marketing adalah dua jenis pemasaran yang sangat berbeda. B2C (business-to-consumer) merupakan pemasaran yang dilakukan dari bisnis ke pelanggan, sedangkan B2B (business-to-business) adalah pemasaran yang dilakukan dari bisnis ke bisnis

Pemasaran B2C umumnya menargetkan minat, kebutuhakan, dan tantangan konsumen individu. Sementara pemasaran B2B menargetkan kebutuhan, minat, dan tantangan konsumen atas nama atau untuk organisasi, di mana organisasi berperan sebagai pelanggan.

Selengkapnya: Pengertian B2B dan B2C serta Perbedaannya


Apa Saja Strategi B2B Marketing yang Efektif?

1. Analisis Kompetitor

Strategi B2B Marketing Analisis Kompetitor

Strategi B2B marketing pertama yang dapat Anda lakukan adalah melakukan analisis kompetitor. Dengan melakukan analisis kompetitor, Anda dapat mengetahui siapa pesaing bisnis Anda dan apa saja yang perlu Anda tingkatkan untuk dapat bersaing dengan mereka.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Analisis SWOT untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan pesaing Anda. Ini akan membantu Anda untuk membuat strategi atau kampanye pemasaran B2B yang efektif dan sukses.

2. Content Marketing

Strategi B2B Marketing Content Marketing

Selanjutnya, Anda juga dapat mencoba menggunakan content marketing untuk memaksimalkan pemasaran B2B Anda. Dalam hal ini, Anda dapat membuat dan membagikan berbagai jenis konten yang relevan dengan bisnis dan target audiens Anda.

Penggunaan content marketing tidak hanya dapat membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak prospek potensial, tetapi juga dapat membantu Anda untuk memberikan brand awareness pada target audiens Anda.

3. Email Marketing

Email Marketing

Email marketing adalah salah satu metode terbaik untuk menjangkau konsumen individu dan pelanggan bisnis. Tahukah Anda bahwa 93% pemasar B2B menggunakan email? Anda harus mencobanya, ini karena email marketing dapat mengarah pada keterlibatan (engagement) yang selanjutnya mengubah subscriber menjadi prospek dan kemudian pelanggan.

Email marketing juga merupakan media terbaik untuk membagikan konten brand Anda. 83% perusahaan B2B menggunakan buletin email (newsletter) sebagai bagian dari strategi content marketing mereka, dan 40% pemasar B2B mengatakan newsletter merupakan kunci untuk kesuksesan content marketing.

4. Membuat Website Sendiri

Membuat Website Sendiri

Lebih dari 80% pembeli mengunjungi website sebelum melakukan pembelian. Selain itu, karena siklus penjualan B2B biasanya melibatkan banyak pemangku kepentingan dalam bisnis, website adalah cara yang mudah untuk berbagi informasi tentang produk atau layanan Anda.

Perlu Anda pahami bahwa website adalah instrumen penting bisnis untuk membangun visibilitas secara online. Calon klien yang mencari secara online untuk menemukan penyedia layanan harus dapat menemukan website perusahaan Anda agar Anda memiliki kesempatan untuk memenangkan hati mereka.

Selain itu, website Anda perlu menunjukkan seberapa solutif produk dan layanan yang Anda berikan. Tujuannya agar membangun otoritas di mana Anda adalah memang yang ahli di bidangnya.

5. Search Engine

Strategi B2B marketing search engine

Target audiens Anda harus dapat menemukan situs Anda dengan mudah. Di situlah search engine optimization (SEO) bekerja. Namun demikian, SEO sangatlah kompleks dan terus berkembang. Dalam penerapannya, SEO memiliki dua komponen utama, yaitu:

  • On-site SEO, menggunakan keyword yang ditargetkan untuk komunikasikan konsep website Anda yang penting bagi audiens. Keyword-keyword ini biasanya berfokus pada layanan dan keahlian Anda. Tujuan dari SEO on-site adalah untuk mengomunikasikan kepada search engine (seperti Google) mengenai tentang apa website Anda melalui keyword. Sehingga setelah itu, keyword itu sebagai pemicu mesin pencari menghasilkan hasil yang lebih relevan bagi pencari. Dan ketika audiens mencari wawasan tentang bidang spesialisasi Anda, mereka akan menemukan Anda.
  • Off-site SEO, berbentuk tautan dari website lain ke situs web Anda, baik melalui engagement luar atau artikel tamu di publikasi lain. Strategi ini berfungsi untuk meningkatkan otoritas situs Anda sebagai pemimpin industri yang diakui secara luas tentang topik Anda.

Karena otoritas (domain authority) yang lebih tinggi dan situs web yang relevan menautkan ke website Anda (backlink), mesin pencari akan melihat website Anda lebih kredibel yang mana akan menghasilkan peringkat yang lebih tinggi.

6. Manfaatkan Iklan

Strategi B2b marketing Membuat Iklan

Strategi B2B marketing berikutnya adalah memanfaatkan iklan dengan semaksimal mungkin. Di mana terdapar sejumlah platform tempat Anda dapat beriklan secara efektif, antara lain:

  • Publikasi dan situs web industri
  • Media sosial
  • Search Engine Marketing (SEM) – Google Ads, serta Bing dan Yahoo
  • Retargeting – Teknologi berbasis cookie yang menggunakan kode JavaScript sederhana untuk “mengikuti” audiens Anda secara anonim di seluruh Web dan menayangkan iklan yang relevan.

Periklanan ini tidak hanya berfungsi untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, tetapi iklan juga dapat memainkan peran penting dalam mendorong unduhan konten, meningkatkan expertise dan visibilitas Anda di pasar.

7. Social Media Marketing

Social Media Marketing

Menurut sebuah penelitian, 75% pembeli B2B dan 84% eksekutif C-Suite menggunakan media sosial saat melakukan pembelian. Ya, social media marketing tidak hanya untuk brand yang menargetkan konsumen individu.

Banyak perusahaan B2B membutuhkan perjuangan ekstra dengan social media marketing untuk terhubung dengan pelanggan bisnis. Hal ini karena dalam proses B2B memiliki siklus penjualan yang lebih panjang.

Social media marketing B2B mungkin tidak akan menghasilkan conversion terbanyak, namun media sosial adalah tempat terbaik untuk membangun kesadaran merek (brand awareness). Media sosial sangat baik untuk memberi perusahaan Anda kehadiran secara online, dan memanusiakan bisnis Anda untuk lebih dekat dengan pelanggan.

8. Marketing Automation

Marketing Automation

Marketing automation atau otomatisasi pemasaran dapat menggantikan proses pemasaran manual yang berulang-ulang. Ini karena marketing automation didukung oleh solusi teknologi yang otomatis. Dengan begitu, marketing automation dapat menyatukan semua channel online marketing ke dalam suatu sistem yang terpusat untuk membuat, mengelola, dan mengukur program serta kampanye.

Seperti halnya alat teknologi lainnya, penting untuk memilih perangkat lunak otomatisasi pemasaran yang tepat untuk perusahaan Anda. Pastikan ukuran, kompleksitas, dan skalabilitas dari solusi prospektif sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Sistem CRM

Sistem CRM Strategi B2b Marketing

Perangkat lunak penting lainnya adalah sistem customer relationship management (CRM). Saat ini ada banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi CRM untuk melacak dan mengatur peluang dan informasi klien. Singkatnya, CRM akan membantu Anda tetap terhubung dengan pelanggan, tidak peduli seberapa canggih sistem operasional Anda sedang berkembang.

CRM berfungsi sebagai database untuk semua informasi yang Anda kumpulkan tentang prospek dan klien, termasuk interaksi spesifik dengan mereka. Informasi dari interaksi dapat dimasukkan, disimpan, dan diakses oleh karyawan di berbagai departemen perusahaan Anda sehingga menyinkronkan upaya setiap divisi pada perusahaan Anda.

10. Referral Marketing

Referral Marketing

Referral marketing merupakan metode pemasaran yang dilakukan dengan cara mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru berdasarkan referral atau rujukan.

Biasanya metode ini dilakukan dengan memanfaatkan rekomendasi yang dilakukan dari mulut ke mulut oleh orang-orang yang terpercaya, seperti keluarga, teman, kerabat, atau kini ada KOL dan influencer yang juga turut berperan penting.

11. SMS Marketing

SMS Marketing

Seperti namanya, strategi B2B marketing ini menggunakan SMS atau pesan singkat sebagai sarana pemasaran. Biasanya tim marketer akan mengirimkan promosi melalui pesan teks singkat untuk menjangkau prospek dan pelanggan secara efektif. Di mana pesan akan dikirimkan langsung ke prospek, sehingga peluang untuk dibaca oleh prospek menjadi lebih tinggi.


Terapkan Strategi B2B Marketing yang Efektif dan Tingkatkan Pemasaran Anda!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

 

Itu dia beberapa strategi B2B marketing yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan bisnis B2B Anda. Selain menggunakan strategi di atas, Anda juga dapat memaksimalkan pemasaran B2B Anda dengan menggunakan Omnichannel terbaik yang terintegrasi dengan CRM dari Mekari Qontak.

Omnichannel CRM Mekari Qontak dapat membantu Anda untuk melakukan pemasaran dan meningkatkan jangkauan pelanggan di berbagai saluran bisnis yang Anda miliki secara otomatis. Dengan demikian, tim marketer Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja mereka secara efektif dan efisien.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan dari berbagai skala bisnis. Selain mudah disesuaikan, Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang mudah digunakan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, Coba Demo Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau  COBA GRATIS dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

By