Qontak WhatsApp

4 Strategi Marketing Online Shop Yang Ampuh

4 Strategi Marketing Online Shop Yang Ampuh

Strategi Marketing Online Shop, Seberapa Pentingnya Untuk Bisnis Online?

Bagi para pebisnis online, memiliki strategi marketing online shop adalah hal yang wajib.  Dalam memasarkan produk secara online, strategi marketing online shop tetap lah suatu hal yang penting. Dengan strategi marketing online shop yang tepat, penjualan produk maupun jasa pun akan semakin bisa dimaksimalkan.

Citra merupakan hal paling penting bagi sebuah bisnis, terutama bisnis online. Pasalnya, baik buruknya citra sebuah bisnis online dapat memengaruhi keputusan konsumen. Loyalitas konsumen yang akan dipertaruhkan. Karena itu kita selalu dituntut untuk membangun dan menjaga citra bisnis.

Untuk membangun dan menjaga citra merek di benak konsumen bukanlah pekerjaan mudah. Namun kita tidak pernah tahu sampai kapan citra bisnis online dapat terjaga baik. Apalagi, satu kesalahan kecil dari bisnis online bisa merusak citra di benak konsumen. Untuk itu Anda perlu mempersiapkan diri di situasi buruk tersebut.

Mengembalikan citra bisnis online yang tercoreng juga bukan pekerjaan mudah. Sebab itu Anda perlu merumuskan strategi marketing online shop yang tepat agar dapat bergerak cepat bila hal itu terjadi. Sebab bila terlambat, maka Anda akan semakin sulit memperbaikinya.

Untuk memaksimalkan pemasaran secara online, berikut ini beberapa strategi marketing online shop yang bisa diterapkan dalam bisnis online.

4 Strategi Marketing Online Shop Wajib Diterapkan

1. Manfaatkan Konten Marketing

Konten marketing adalah salah satu strategi marketing online shop yang tak melulu bertujuan untuk pemasaran yang sifatnya meningkatkan penjualan. Konten marketing juga dapat Anda manfaatkan untuk memperbaiki citra bisnis online yang sempat tercoreng. Melalui konten marketing, Anda bisa menyampaikan nilai-nilai pesan yang dapat menghidupkan lagi citra bisnis online Anda.

Untuk lebih baiknya, Anda bisa menggunakan story telling sebagai alat utama membangun lagi online shop. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan pesan menyentuh kepada publik. Anda bisa memulainya dengan menyampaikan kisah perjalanan online shop Anda yang berusaha memberikan terbaik bagi pelanggan melalui konten video, post artikel atau live stream sehingga Anda dapat secara langsung berbincang dengan publik.

Dan perlu diingat, dalam proses memperbaiki citra online shop, Anda bisa memvariasikan jenis konten dengan menambahkan sesuatu yang bermanfaat kepada pelanggan. Seperti video tutorial hingga tips dan trik terkait penggunaan atau perawatan produk Anda yang dapat berguna bagi pelanggan. Dengan begitu lambat laun kepercayaan pelanggan terhadap Anda akan kembali dan citra bisnis online Anda akan terbangun lagi.

2. Pergunakan Influencer

Menggunakan influencer adalah salah satu strategi marketing online shop yang lumayan merogoh kantong namun dapat menjadi sarana untuk meningkatkan citra online shop Anda. Tercorengnya citra online shop biasanya terjadi akibat kelalaian dari bisnis online itu sendiri. Bisa jadi dari buruknya pelayanan yang diberikan atau sesuatu yang berada di luar kendali bisnis online itu sendiri. Seperti yang pernah terjadi pada sebuah online shop pizza yang citra bisnisnya sempat tercoreng akibat viralnya video pekerja yang kedapatan meludahi pizza yang dibuat. Atau pada jasa ekspedisi yang pekerjanya kedapatan tidak memperlakukan barang kiriman dengan baik.

Dan kebanyakan dari pelanggan sulit untuk kembali percaya meski pihak online shop sudah memberikan berbagai penjelasan. Sebab memang pada dasarnya konsumen sudah menilai bahwa pihak online shop akan melakukan apa pun untuk mengembalikan lagi kepercayaan mereka. Tak terkecuali berbohong dan sebagainya.

Di sinilah Anda memerlukan peran ‘orang lain’ yang berada di luar bisnis. Orang lain yang terkesan tak memihak pada bisnis online Anda. Tentunya orang tersebut haruslah yang bisa memengaruhi pemikiran orang banyak. Dan untungnya, di era internet saat ini kita dapat menemukan banyak influencer di luar sana yang dapat memengaruhi pandangan banyak orang. Mulai dari Selebgram, Selebtweet, hingga Vlogger. Anda perlu merangkul mereka untuk mengembalikan lagi citra online shop yang sempat tercoreng.

3. Berdayakan Blogger untuk SEO Merek

Menggunakan influencer media sosial hingga Vlogger sebagai strategi marketing online shop saja belum cukup untuk mengembalikan lagi kepercayaan konsumen. Jangan lupakan peran Blogger yang masih Anda perlukan.

Kenapa Anda memerlukan Blogger? Bila sebuah citra bisnis online sudah tercoreng akibat sebuah kelalaian, biasanya hal tersebut akan memicu kemunculan berbagai testimoni negatif tentang merek tersebut. Entah dalam bentuk postingan di media sosial atau tulisan di blog pribadi. Hal ini akan buruk karena dapat memengaruhi performa SEO bisnis Anda di mesin pencari. Bayangkan ketika seseorang mengetik online shop Anda di mesin pencari, yang banyak bermunculan justru keluhan tentang bisnis Anda.

Di sinilah peran Blogger diperlukan. Mereka dapat menulis berbagai pengalaman dan kesan baik tentang bisnis online Anda. Dan pastinya tulisan mereka akan banyak dikunjungi dan akan memengaruhi SEO bisnis Anda. Berikutnya yang terjadi, testimoni negatif tentang bisnis Anda pun akan tenggelam dari mesin pencari.

4. Rangkul Pelanggan Setia

Orang-orang lebih cenderung tertarik mengulas sebuah merek bisnis online saat kecewa atau marah daripada ketika senang atau puas. Hal ini cenderung dilakukan agar mendapatkan perhatian dari merek bisnis yang bersangkutan. Atau setidaknya menjadi teguran tersendiri bagi merek tersebut. Dan dampaknya, ulasan negatif tersebut akan makin memperburuk citra merek online shop Anda di mata konsumen.

Inilah saat yang tepat bagi Anda merangkul pelanggan setia Anda. Atau mungkin baiknya, segeralah rangkul pelanggan setia Anda sebelum hal buruk ini terjadi. Luangkan waktu mengumpulkan dan meminta pelanggan setia Anda untuk memberikan ulasan positif tentang merek bisnis Anda. Anda bisa membuat grup atau meminta mereka melalui email dan media sosial. Nantinya ulasan-ulasan tersebut dapat Anda munculkan di website, media sosial hingga berbagai konten marketing. Semakin banyak ulasan positif tentang bisnis Anda maka akan semakin mudah mengubah pandangan konsumen tentang bisnis Anda. Sehingga citra merek bisnis yang sempat tercoreng pun dapat kembali baik.

Permudah Strategi Marketing Online Shop Anda dengan Qontak.com

Melakukan strategi marketing online shop akan sangat sulit jika tidak dibantu dengan sebuah aplikasi marketing online. Qontak.com adalah penyedia solusi customer relationship management dengan aplikasi marketing online.

Baca Juga: Marketing Automation: Pengertian, Manfaat, Contohnya

Dapatkan aplikasi marketing online Qontak.com sekarang dengan menghubungi disini!

You may also like

By