Qontak WhatsApp

Mengenal Strategi Pemasaran 4P dan Contoh Penerapannya

Panduan-Lengkap-Strategi-Pemasaran-4P

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan semua skala bisnis baik kecil atau besar. Salah satu contoh yang paling populer adalah strategi pemasaran 4P (marketing mix 4P dalam pemasaran). Namun, sebenarnya apa itu strategi pemasaran 4P? Dan bagaimana cara membuat strategi pemasaran 4P?

Untuk membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda bisa baca terus ulasan tentang strategi pemasaran 4P dan contohnya di artikel berikut ini!

4 variabel penting dalam strategi pemasaran 4p:

  1. Product atau produk
  2. Price atau harga
  3. Place atau tempat
  4. Promotion atau promosi

Image CTA Omnichannel


Apa itu Strategi Pemasaran 4P?

Strategi pemasaran 4P adalah konsep pemasaran yang mencakup empat elemen utama, yaitu product, price, place, dan promotion. Keempat variabel atau elemen ini juga sering kali disebut dengan istilah marketing mix 4P atau bauran pemasaran 4P.

Konsep marketing mix pertama kali dipopulerkan oleh Neil Borden melalui gagasan bauran pemasaran, yang menunjukkan bagaimana perusahaan dapat menggunakan strategi periklanan untuk melibatkan pelanggan mereka.

Ketika pertama diperkenalkan, konsep ini sangat berpengaruh pada dunia bisnis hingga kemudian dikembangkan dan disempurnakan oleh para ahli lainnya. Setelah beberapa dekade, konsep pemasaran 4P masih terus digunakan oleh pemilik bisnis atau perusahaan untuk mengidentifikasi faktor kunci untuk bisnis mereka.

Ini termasuk apa yang diinginkan pelanggan, bagaimana produk atau layanan mereka dapat memenuhi kebutuhan tersebut, apa yang dirasakan pelanggan terkait produk atau layanan tersebut, dan bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Konsep Pemasaran, Contoh, dan Bedanya Konsep Penjualan


Apa Tujuan Strategi Pemasaran 4P?

Tujuan dilakukannya strategi pemasaran 4P adalah untuk membantu bisnis dalam menentukan opsi pemasaran yang tepat. Khususnya dalam hal menentukan harga, produk, dan promosi, dan tempat yang ingin digunakan. Sehingga, penawaran yang diberikan bisnis nantinya dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan pelanggan secara efektif.


Apa Saja Variabel Strategi Pemasaran 4P?

Setelah Anda mengetahui pengertian strategi pemasaran 4P, sekarang saatnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang variabel atau elemen-elemen apa saja yang menjadi faktor kunci dalam strategi pemasaran 4P.

Berikut adalah variabel marketing mix 4P yang perlu Anda ketahui.

1. Product

Ilustrasi-Produk

Elemen produk mencakup apa yang akan Anda jual kepada pelanggan Anda. Ini bisa berupa produk barang, jasa, atau bahkan perangkat lunak dan aplikasi.

Saat membuat produk Anda harus memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Selain itu, keunikan juga menjadi poin penting dalam sebuah produk.

Apabila produk Anda tidak memiliki keunikan atau kelebihan dari produk lainnya yang ada di pasaran, maka akan sulit bagi Anda untuk dapat menjual produk tersebut dan mengembangkan bisnis Anda.

2. Price

Ilustrasi-Harga

Elemen harga sebenarnya sangat sederhana karena ini mengacu pada berapa banyak yang ingin Anda tetapkan untuk produk Anda.

Namun, meskipun sederhana untuk dipahami, Anda mungkin akan sangat sulit menemukan harga yang tepat. Ini karena harga tidak hanya mendorong jumlah penjualan yang paling banyak, tetapi juga mendorong keuntungan bagi bisnis Anda.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum menentukan harga produk yang akan Anda tetapkan. Misalnya seperti berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi produk dan berapa biaya yang diberikan oleh pesaing Anda.

3. Place

Ilustrasi-Tempat

Saat membangun bisnis atau perusahaan, tempat menjadi elemen yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Anda harus memastikan bahwa tempat bisnis Anda berada di lokasi yang mudah dijangkau oleh pelanggan Anda.

Selain itu, Anda juga menyesuaikan tempat dengan industri bisnis Anda. Ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan menemukan bisnis Anda.

4. Promotion

Ilustrasi-Promosi

Apakah Anda sudah melakukan tiga P pemasaran sebelumnya? Jika iya, ini saatnya Anda untuk melakukan promosi bisnis Anda!

Dalam hal ini, promosi mencakup strategi promosi, periklanan, dan public relation

Adapun tujuan dari promosi ini adalah untuk mengungkapkan kepada pelanggan kenapa mereka membutuhkan produk Anda dan kenapa mereka harus membayar produk Anda dengan harga tertentu.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Marketing Mix 7P dan Manfaatnya


Apa Pentingnya Strategi Pemasaran 4P bagi Bisnis?

Konsep marketing 4P merupakan salah satu teori yang paling populer dan penting dalam dunia pemasaran. Konsep ini dapat membantu marketer untuk menyusun strategi pemasaran yang berfokus pada semua faktor utama yang sudah dijelaskan di atas.

Agar strategi pemasaran 4P ini dapat berhasil di pasaran, Anda perlu memastikan bahwa produk Anda memiliki kualitas terbaik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik, serta sesuai dengan yang diharapkan pelanggan atau bahkan lebih.

Selain itu, strategi penetapan harga juga sangat penting bagi keberhasilan bisnis. Anda perlu memposisikan harga sesuai dengan kualitas produk dan target pasar Anda, apakah itu merupakan produk yang terjangkau atau produk premium yang dibuat untuk kelas menengah atas.

Di sisi lain, apabila produk Anda memiliki kualitas terbaik dan memiliki harga yang tepat namun tidak tersedia untuk kelompok pasar Anda, maka penjualan tidak dapat terjadi akibat tidak adanya pasar. Untuk itu, Anda harus memilih tempat yang tepat dan melakukan promosi guna menarik minat pelanggan Anda.

Sederhananya, apabila Anda ingin membuat strategi pemasaran yang unggul dan sukses, Anda harus memerhatikan keempat elemen strategi promosi 4P. Ini karena keempat elemen tersebut saling berkaitan dan melengkapi satu sama lain.


Seperti Apa Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P dalam Bisnis?

– Membuat Produk Terbaik yang Disukai Pelanggan

Contoh penerapan strategi pemasaran 4P yang pertama adalah membuat produk terbaik yang disukai oleh pelanggan. Misalnya, Anda ingin membuat serangkaian produk perawatan kulit untuk remaja. Maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa kondisi kulit remaja, masalah kulit seperti apa yang biasanya terjadi di usia remaja, dan apa yang diinginkan oleh mereka.

Umumnya anak-anak usia remaja memiliki masalah kulit seperti kusam dan berjerawat karena banyaknya aktivitas yang mereka lakukan. Untuk itu, Anda bisa membuat produk yang sesuai dengan masalah tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan bagaimana mereka akan menyukai produk Anda. Misalnya dengan membuat produk yang mudah digunakan, memiliki tampilan yang menarik, dan mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit remaja.

– Memilih Harga yang Tepat untuk Produk Anda

Apabila Anda bingung menentukan harga yang tepat untuk produk yang akan Anda jual, Anda bisa melihat siapa target pasar Anda dan siapa pesaing Anda.

Masih dengan contoh yang sama seperti sebelumnya, jika Anda ingin membuat produk perawatan kulit untuk remaja, maka Anda bisa memikirkan berapa banyak biaya yang mungkin mereka bayar untuk sebuah produk perawatan kulit.

Anda perlu mengingat bahwa kebanyakan remaja memiliki keuangan yang terbatas. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membuat produk dengan harga yang yang lebih terjangkau.

– Menentukan Tempat Terbaik Bagi Bisnis Anda

Contoh strategi pemasaran 4p berikutnya adalah menentukan tempat terbaik untuk bisnis Anda. Saat ini tempat bisnis tidak terbatas pada lokasi di dunia nyata saja, Anda juga bisa membuat tempat bisnis di platform media sosial atau bahkan e-commerce sekalipun.

Jika Anda ingin membuat toko nyata, pilih lokasi yang mudah dijangkau oleh pelanggan Anda. Namun, apabila Anda ingin membuat toko virtual, Anda harus memilih platform yang sesuai dengan target pasar Anda atau sering digunakan oleh mereka.

Misalnya seperti Instagram atau TikTok yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan remaja. Anda bisa membuat profil bisnis dan menggunakan fitur shop untuk menaruh produk Anda. Dengan begitu, pelanggan akan dengan mudah menemukan dan mengakses toko Anda.

– Melakukan Promosi Terbaik untuk Menarik Pelanggan

Menurut Statista, pada tahun 2020, lebih dari 3,6 miliar orang menggunakan media sosial di seluruh dunia, jumlah ini diproyeksikan akan meningkat menjadi hampir 4,41 miliar pada tahun 2025.

Ini berarti Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi yang dapat menarik lebih banyak pelanggan. Melalui media sosial Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang berasal dari berbagai kalangan di segala penjuru dunia.

Namun perlu diingat bahwa Anda tidak bisa hanya membuat promosi yang biasa-biasa saja untuk menarik pelanggan di media sosial. Anda harus membuat promosi yang menarik dan unik agar dapat menarik minat pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan promosi bisnis Anda dengan fenomena yang sedang tren di media sosial.

Rekomendasi: 12 Marketing and Sales Tools Terbaik Tahun 2022


Tingkatkan Bisnis Anda Dengan Strategi Pemasaran Terbaik!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Strategi pemasaran merupakan hal penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah 4P, yaitu product, price, place, dan promotion seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Namun, selain menggunakan strategi pemasaran 4P, Anda juga bisa menggunakan aplikasi marketing terbaik yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan pemasaran. Salah satu penyedia aplikasi marketing terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi marketing yang terintegrasi dengan CRM dan Omnichannel. Aplikasi marketing Mekari Qontak mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Tidak hanya itu, Mekari Qontak telah membantu lebih dari 3000+ perusahaan meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan mereka. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By