Qontak WhatsApp

Mengenal Apa itu Telemarketing, Tugas dan Manfaatnya

Mengenal-telemarketing

Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Apa itu Telemarketing!

Telemarketing adalah strategi untuk mengembangkan dan memajukan bisnis. Sebab metode marketing ini dapat digunakan bisnis untuk meriset pasar, menentukan inovasi hingga promosi.

Tujuan akhir telemarketing adalah mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, mengharuskan tim marketing akan menelepon langsung prospek untuk mempromosikan sebuah produk. Maka dari itu, informasi atau pesan yang ingin disampaikan langsung diterima prospek.

Namun tidak selama tugas telemarketing berjalan mulus, lalu bagaimana tips agar mendapatkan prospek? Yuk, pelajari bselengkapnya apa itu telemarketing pada artikel di bawah ini.

Image CTA call center


Apa itu Telemarketing?

Telemarketing adalah salah satu strategi pemasaran yang menawarkan produk atau jasa melalui telepon. Metode ini digunakan oleh bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa langsung ke pelanggan.

Sayangnya strategi ini bagi sebagian pelanggan dianggap mengganggu, terlebih dilakukan terus menerus (spam). Maka dari itu, banyak pelanggan yang sering mengabaikan panggilan bisnis ini.

Sebenarnya hal tersebut dapat dihindari apabila sebelumnya telah mengidentifikasi calon pembeli potensial dengan baik. Selain itu, Anda juga harus menjelaskan secara detail produk yang ditawarkan, sehingga pelanggan akan tertarik dan bahkan membeli produknya.


Apa saja Tugas Telemarketing Pada Bisnis?

Telemarketing berperan menjalin komunikasi dengan pelanggan, terutama menawarkan produk melalui telepon. Selain itu, masih banyak tugas yang harus diselesaikan telemarketing adalah:

1. Berinteraksi dengan pelanggan

Interaksi-dengan-pelanggan-telemarketing

Tugas utama telemarketing adalah menjalin komunikasi dengan pelanggan. Tidak hanya melakukan panggilan keluar, komunikasi yang dimaksud juga menerima panggilan masuk dari pelanggan. Misalnya pelanggan memiliki pertanyaan seputar produk yang Anda tawarkan dari metode marketing lainnya. Selain menjawab pertanyaan tersebut, telemarketer juga harus bisa mengatasi keluhan dari pelanggan dan memberikan saran kepada pelanggan.

2. Memberikan penjelasan tentang Produk

Selain menjawab pertanyaan pelanggan, seorang telemarketer juga bisa memberikan penjelasan tentang produk yang ditawarkan bisnis. Penjelasan tersebut harus jelas, detail, dan tentunya menarik. Sehingga bisa membangun minat pelanggan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan sampai akhirnya mereka melakukan pembelian.

3. Follow up leads

follow-up-telemarketing

Follow up atau menindaklanjuti leads menjadi tugas telemarketing selanjutnya. Dimana tim marketing harus melakukan panggilan telepon leads sehingga mau membeli produk yang ditawarkan.

4. Membuat Database Pelanggan

Telemarketing tidak bisa lepas dari database pelanggan. Ketika kamu menjadi telemarketer kamu harus membuat catatan tentang pelanggan, catatan ini memudahkan untuk menemukan kontak pelanggan yang tertarik atau pernah membeli produk yang ditawarkan.

5. Meminta feedback

feedback-telemarketing

Feedback adalah kritik atau saran yang berarti dari pelanggan. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk meminta feedback pelanggan. Sebab melalui feedback, Anda bisa tahu kebutuhan pelanggan dan kekurangan produk Anda untuk dievaluasi.


Skill yang Dibutuhkan untuk Telemarketing yang baik

Menjalankan tugas telemarketing tidaklah mudah. Dibutuhkan skill telemarketing yang Anda kuasai. Skill yang dimaksud diantaranya:

– Marketing

Skill pertama yang harus telemakerter kuasai adalah pemasaran. Hal ini berkaitan dengan pemahaman pasar dan juga demografi calon pelanggan (usia, pekerjaan, gender, dan lainnya). Dengan pengetahun tersebut, Anda tidak akan lagi sembarangan melakukan panggilan dan strategi pemasaran yang direncanakan bisa berjalan dengan lancar.

– Kemampuan komunikasi yang baik

Kunci utama sukse menjadi seorang telemarketer adalah kemampuan komunikasi. Dengan skill komunikasi yang baik dapat menjadi kunci lancarnya sebuah percakapan hingga proses penawaran produk.

Berikut adalah hal yang perlu Anda miliki dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan:

  • Memiliki kecepatan yang baik dan nada yang tepat

Sebagian telemarketer memiliki kecepatan berbicara yang cepat dengan nada yang hampir terdengar sama. Hal ini membuat Anda tidak istimewa. Telemarketer yang baik dapat melakukan pembicaraan yang santai dengan kecepatan dan nada yang tidak terkesan kaku. Oleh karena itu, Anda harus dapat membuat pembicaraan yang dilakukan terkesan santai namun, tetap sopan (formal).

  • Dapat membangun pembicaraan yang nyaman dengan pelanggan

Hal ini dapat berupa pembicaraan yang mengalir. Sebisa mungkin coba untuk tidak terpaku pada skrip. Semakin sering Anda menggunakan kalimat pembuka seperti seperti ‘Bagaimana kabar Anda hari ini?’ akan semakin terlihat seperti text-book atau menghafal. Jadi, cobalah untuk menggunakan pendekatan awal yang menarik dan sopan, sehingga calon konsumen merasa nyaman. Oleh sebab itu, memiliki pengetahuan mengenai konsumen sangat penting.

– Keterampilan manajemen waktu

Selain memiliki skill komunikasi, Anda harus dapat mengelola tugas-tugas yang dilakukan dengan baik. Seperti mencatat data pelanggan, memeriksa email, dan melakukan panggilan telepon. Selain itu, Anda juga harus mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk menghubungi pelanggan melalui telepon. Pastinya berdasarkan demografi pelanggan, Anda bisa mengetahui jam-jam sibuk mereka. Sehingga kamu bisa mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan panggilan.


Apa Keuntungan Bisnis Melakukan Telemarketing?

Manfaat telemarketing adalah membantu mempromosikan produk Anda secara langsung ke pelanggan. Hal ini membuka peluang terjadinya transaksi lebih luas. Contohnya BNI Life yang optimis melakukan penjualan dari telemarketing sebesar Rp 598 miliar di 2021.

Selain itu, masih banyak manfaat dari panggilan telepon ini seperti berikut:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan
  • Meningkatkan penjualan produk atau jasa
  • Mengubah leads atau prospek menjadi pelanggan

Bagaimana Tips Sukses Telemarketing Melakukan Close deal?

Banyak faktor yang membuat telemarketing Anda tidak berhasil menghasilkan penjualan. Mulai dari melekatnya kesan ‘mengganggu’ sampai berubahnya zaman menuju internet marketing yang semakin mudah menjangkau, menjaring dan menjual.

Berikut 6 tips telemarketing yang dapat memajukan bisnis Anda adalah

– Tentukan Tujuan, Atur Rencana dan Miliki Skrip

Sebagaimana sudah dibedakan antara Telemarketing dan Telesales, agar tidak terjadi offside maka Anda perlu menentukan tujuan dari Telemarketing itu sendiri. Jadi pastikan agar tim marketing Anda agar dapat mengingat bahwa tujuan mereka melakukan panggilan adalah untuk menciptakan peluang, bukan menjual.

Kemudian atur rencana sedari awal divisi Telemarketing Anda mendapatkan informasi kontak pertama. Buat rencana yang matang agar penerima panggilan tersebut dapat menyambungkan divisi marketing Anda pada pihak pengambil keputusan perusahaan tersebut. Atau setidaknya kepada asisten pribadinya.

Dan agar rencana dapat berjalan baik, maka diperlukan sebuah skrip yang dapat menjadi tuntunan tim marketing Anda dalam berbicara, bahkan bertindak. Skrip ini penting dibuat untuk menjadi pedoman bagi tim marketing saat akan meminta disambungkan ke pihak tertentu. Bahkan juga saat melakukan diskusi atau saat melakukan penawaran.

– Berbicara Dengan Jelas dan Tidak Terlalu Cepat

Pada sebuah komunikasi kemungkinan terjadinya noise atau gangguan selalu ada. Apalagi bila berkomunikasi melalui saluran atau alat seperti telepon. Karena itu Anda perlu memastikan untuk mengurangi terjadinya miss komunikasi maupun misunderstanding saat komunikasi berjalan. Dan hal yang harus diperhatikan adalah dengan memastikan agar tim Anda dapat berbicara jelas dan tidak terlalu cepat.

Hal ini memang terdengar sepele, tapi tingkat kegugupan seseorang bisa membuatnya berbicara tidak jelas atau berbicara terlalu cepat sehingga sulit dipahami. Bahkan terkadang hal itu membuatnya kehilangan teks dari panduan skrip sehingga akhirnya membuat seseorang di ujung telpon tak mengerti pada apa yang disampaikan.

– Cari Tahu Berbagai Informasi Calon Konsumen

Keberhasilan sebuah prospek dapat ditentukan dari riset yang dilakukan sebelumnya. Bagaimana bisa? Tentu saja dengan mencari tahu segala informasi tentang calon konsumen atau perusahaan yang akan dihubungi. Dengan begitu Anda bisa menempatkan penawaran tim marketing sebagai solusi calon konsumen atau perusahaan yang Anda hubungi.

Ada banyak informasi yang bisa Anda andalkan, seperti mencari tahu siapa yang akan dihubungi oleh tim marketing Anda. Dengan begitu tim marketing Anda tahu harus berbicara seperti apa nantinya. Apakah langsung to the point melakukan penawaran atau tidak.

Selain itu tim marketing Anda juga bisa menjadi solusi bagi perusahaan tersebut apabila calon konsumen tersebut memang membutuhkan apa yang perusahaan Anda tawarkan. Atau tim marketing Anda dapat menjadi alternatif pilihan yang lebih menguntungkan andaikan prospek sudah memiliki apa yang perusahaan Anda tawarkan.

– Bersiaplah dengan segala kemungkinan

Dalam melakukan penawaran selalu ada kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Seperti berbagai pertanyaan balik yang akan diajukan kepada tim marketing Anda, proses tawar-menawar, atau bahkan penolakan saat tim baru menyampaikan maksud dan tujuan menghubungi calon konsumen.

Karena itu Anda perlu memastikan seluruh tim marketing telah siap dengan segala kemungkinan. Beberapa di antaranya dengan memastikan tim tidak salah menjawab atas berbagai pertanyaan balik yang kemungkinan diajukan calon konsumen.

– Ingatlah bila telemarketing tidak harus deal saat itu juga

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Telemarketing bertujuan untuk dapat menciptakan peluang. Maka ingatlah bahwa tim marketing Anda tak harus deal ketika melakukan panggilan saat itu juga. Artinya, sekalipun penolakan sudah terjadi, tim Anda bisa yakin masih ada peluang yang tercipta nantinya.

Misalkan, bila tim marketing Anda sudah mendapatkan penolakan, mereka bisa meminta agar tetap mengirimkan surat penawaran atau skema kerja sama yang Anda tawarkan pada email prospek. Setelah itu mereka bisa menghubungi kembali calon konsumen tersebut seminggu berselang. Mungkin saja setelah melihat surat penawaran atau skema kerja sama yang perusahaan Anda berikan, prospek dapat lebih tertarik dari sebelumnya sehingga dapat mengubah keputusannya yang semula.

– Gunakan Aplikasi Telemarketing

CRM-Telemarketing-Qontak.com_

Saat ini banyak perusahaan menawarkan teknologi yang membantu aktivitas telemarketing jauh lebih mudah seperti aplikasi telemarketing. Aplikasi ini akan mengotomatiskan sebagian proses telemarketing seperti menyimpan panggilan, routing agent, IVR dan banyak lagi.

Aplikasi telemarketing yang terintegrasi dengan sistem CRM seperti yang ditawarkan Mekari Qontak, akan memudahkan Anda untuk mengakses data pelanggan tanpa berpindah platform. Selain itu, aplikasi CRM berbasis cloud/web sehingga dapat diakses dari mana saja. Pelajari selengkapnya mengenai aplikasi CRM dengan klik tautan ini.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!

Rekomendasi: Software Telemarketing: 10 Rekomendasi Terbaik


Permudah Tugas Telemarketing Sekarang!

Omnichannel-Communications-Qontak.com_

Telemarketing memang masih menjadi salah satu bagian strategis perusahaan dalam mengembangkan bisnis. Sebab strategi pemasaran ini memiliki peran penting untuk mempengaruhi pelanggan melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, Anda perlu mendukung telemarketing sehingga bisa meningkatkan penjualan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan aplikasi telemarketing.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi telemarketing terbaik di Indonesia yang terintegrasi dengan omnichannel. Dengan teknologi tersebut, seluruh interaksi bisnis Anda dengan pelanggan disimpan dan dikelola otomatis dalam satu platform terpadu. Teknologi yang ditawarkan Qontak telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Tak hanya itu saja, Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan dan Qontak tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By