Qontak WhatsApp

10 Tips Marketing yang Wajib Bisnis Terapkan

10 tips marketing efektif meningkatkan penjualan

Begini Tips Marketing Sederhana Patut Bisnis Anda Coba!

Tips marketing mudah Anda temui di internet atau sosial media. Tapi apakan semua tips tersebut efektif meningkatkan penjualan? tentu saja tidak. Bisnis harus meramu berulang kali strategi pemasaran yang tepat sehingga menemukan cara yang tepat.

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui apa tips marketing, keuntungan dan bagaimana tips marketing yang akan membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

10 tips marketing yang menambah penjualan bisnis sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana marketing
  2. Buatlah target pasar yang jelas
  3. Perkirakan anggaran yang dibutuhkan
  4. Meminta testimoni pelanggan
  5. Membangun branding
  6. Memaksimalkan penggunaan website dan sosial media
  7. Kirimkan email marketing
  8. Promosikan produk melalui iklan
  9. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan
  10. Pantau aktivitas marketing secara teratur

Mengapa Tips Marketing Penting untuk Bisnis?

Tips marketing bermanfaat sebagai acuan agar aktivitas pemasaran sesuai diinginkan. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, bisnis justru bisa mengalami kerugian karena tidak berhasil menjual produknya.
Fungsi bisnis menerapkan tips marketing antara lain:

  • Setiap tips marketing menganjurkan agar bisnis memiliki target KPI jelas yang ingin dicapai. Target ini dapat dijadikan acuan untuk memantau performa tim marketing.
  • Strategi pemasaran juga memiliki rentang waktu tujuan untuk mencapai sebuah target. Hal ini mendorong Anda mencapai target tepat waktu.Mengembangkan kemampuan bisnis agar mudah beradaptasi.
  • Sebagai dasar pertimbangan dalam mengambil keputusan pemasaran.
  • Mendorong peningkatan kolaborasi antar tim marketing.

Baca juga: 10 Aplikasi Pemasaran Produk Terbaik, No. 1 Wajib


10 Tips Marketing efektif Meningkatkan Sales yang Mudah Diterapkan

Ada 10 tips marketing yang mudah Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis, seperti berikut:

1. Tips marketing pertama menyusun rencana marketing

Plan-Tips Marketing

Tips marketing online yang paling penting adalah perencanaan. Buatlah rencana strategi pemasaran yang matang sehingga dapat mendatangkan banyak pelanggan. Rencana yang Anda buat harus sedetail mungkin seperti besarnya anggaran yang dibutuhkan selama proses pemasaran, konten marketing seperti apa yang akan dibuat, media apa yang akan digunakan dan lainnya supaya bisnis Anda lebih mudah berkembang.

2. Buatlah target pasar yang jelas

Target-Tips Marketing

Carilah target pasar yang ingin dituju dan sesuaikan dengan produk yang Anda tawarkan. Cobalah untuk memilih beberapa segmen pasar yang mungkin bisa produk Anda masuki. Hal ini memperlebar peluang Anda mendapatkan pelanggan dan fokus menarik hati mereka.

3. Perkirakan anggaran yang dibutuhkan

Anggaran-Tips Marketing

Buatlah perkiraan besaran anggaran yang akurat untuk setiap kegiatan pemasaran. Hal ini bisa menghemat biaya operasional bisnis Anda. Selain itu, juga bisa jadi acuan untuk strategi pemasaran berkelanjutan.

4. Meminta testimoni pelanggan

Testemoni-Tips Marketing

Sebuah testimoni dari pelanggan akan meningkatkan kredibilitas brand Anda di mata prospek. Terlebih testimoni tersebut disampaikan oleh orang terdekat atau terkenal (influencer). Untuk mendorong pelanggan memberikan testimoni dan rekomendasi, berikan mereka intensif atau reward berupa produk gratis atau potongan harga.

5. Membangun branding

Strategi Pemasaran Membangun Branding

Membangun branding sangat penting bagi bisnis karena bagian dari identitas bisnis Anda. Dengan brand, pelanggan setia Anda lebih mudah mengenali produk yang Anda tawarkan. Biasanya bisnis membangun branding dengan membuat logo, gambar dan juga menentukan produk unggulan yang mencerminkan bisnis Anda.

6. Memaksimalkan penggunaan website dan sosial media

Website-Tips Marketing

Di era digital saat ini, memasarkan produk lewat website dan sosial media menjadi keharusan. Website biasanya digunakan pelanggan untuk mendapatkan informasi detail tentang produk yang Anda tawarkan. Sementara sosial media dapat meningkatkan brand awareness.

7. Kirimkan email marketing

Email-Tips Marketing

Email marketing salah satu cara efektif menarik minat pelanggan. Maka kirimkan email marketing yang bersifat persuasif dan di personalisasi ke pelanggan secara rutin. Akan tetapi, jangan berlebihan untuk menjelaskan keunggulan produk. Sisipkan juga form newsletter atau subscription untuk mempermudah pelanggan menuliskan alamat surel apabila tertarik dengan tawaran bisnis.

8. Promosikan produk melalui iklan

Promosikan produk melalui iklan

Tips marketing termudah untuk meningkatkan brand awareness adalah melakukan promosi dengan beriklan. Saat ini banyak platform yang menyediakan iklan berbayar seperti Facebook Ads, Google ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan masih banyak lagi. Hal ini dapat meningkatkan konversi dan jumlah prospek yang tertarik dengan produk Anda.

9. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan diperlukan untuk membangung customer royality. Sebab mereka secara rutin memberikan masukkan untuk bisnis Anda. Jadi jangan ragu memberikan reward untuk mereka untuk tetap menjaga hubungan baik.

10. Pantau aktivitas marketing secara teratur

Tips marketing terakhir adalah Anda harus terus memantau aktivitas pemasaran yang Anda jalankan. Hal ini untuk memastikan apakah berjalan sesuai dengan rencana atau malah melenceng.


Apakah bisa Meningkatkan Penjualan dengan aplikasi marketing?

Implementasi aplikasi marketing mampu mempermudah pemasaran bisnis Anda. Aplikasi ini mampu menyederhanakan tugas pemasaran.  Misalnya proses memantau akan lebih mudah apabila Anda menggunakan tools atau aplikasi marketing dari Qontak.com. aplikasi Qontak.com didukung fitur canggih yang memudahkan Anda dalam memantau aktivitas sales, marketing dan customer service secara real time dalam satu dashboard marketing.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi CRM marketing Qontak.com adalah sebagai berikut:

  • Integrasi dengan sistem email marketing dan dapat dipersonalisasi.
  • Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. Aplikasi CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  • Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung.
  • Pelaporan dan analisis yang lengkap untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • Memiliki fitur pelacakan KPI marketing maupun sales dan task management yang dapat dikostumisasi. Sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan.
  • Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel marketing lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.
  • WhatsApp blast yang mampu mengirimkan pesan promosi ke banyak kontak dalam waktu bersamaan.
  • Centang hijau (verified badge) pada WhatsApp business untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Baca Juga: Marketing Automation: Pengertian, Manfaat, Contohnya


Sukseskan Tips Marketing Efektif dengan Qontak.com

Terdapat 10 tips marketing yang bsia Anda terapkan pada bisnis Anda. Dari berbagai tips pemasaran diatas, Anda dapat mengetahui beberapa hal dibawah ini:

  • Bagaimana cara menyusun strategi pemasaran yang efektif?
  • Bagaimana membangun branding yang tepat?
  • Bagamana cara mempromosikan produk baik melalui iklan, sosial media maupun email marketing?
  • Bagaimana cara menjalin hubungan baik dengan pelanggan?

Strategi tersebut tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk mempermudah Anda untuk menjalankan strategi marketing bisa dibantu dengan aplikasi pendukung seperti aplikasi marketing dari Qontak.com.

Aplikasi sales marketing Qontak.com terintegrasi dengan WhatsApp API dan omnichannel lainnya. Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Untuk mengetahui cara kerja CRM marketing serta konsultasi tips marketing yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, segera hubungi Qontak.com.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By