Qontak WhatsApp

Tips Membangun Bisnis Berdasarkan Kebutuhan Customer Anda

Customer Needs

Bisnis yang dibangun berdasarkan pemahaman Anda mengenai kecenderungan apa yang dimiliki oleh target market Anda membuat bisnis Anda bisa bergerak dan berkembang secara efektif. Ketika Anda memulai dan mengembangkan suatu bisnis, salah satu pertimbangan Anda haruslah apa yang menjadi minat dan keinginan klien dan target market Anda. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda mungkin bahkan perlu melakukan penyesuaian hingga mengalami pivot hanya untuk menjaga kepuasan customer Anda. Anda perlu mengenali apa yang menjadi kebutuhan customer Anda yang paling utama serta paling membuat bisnis Anda memiliki keunikan khusus.

Kunci utama dari kesuksesan Anda menjawab kebutuhan klien adalah dengan mendengarkan dengan baik-baik kebutuhan klien. Berikut ini proses yang bisa Anda ikuti agar bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan customer.

  1. Menyederhanakan proses yang dilalui oleh customer untuk melakukan transaksi

Selalu anggap bahwa customer Anda tidak mempunyai waktu banyak, bahkan untuk mengambil keputusan. Karenanya, semakin singkat proses yang harus dilalui oleh customer Anda, semakin memotivasi mereka untuk melakukan transaksi. Proses yang dimaksudkan meliputi proses melakukan review, proses pembayaran dan proses pengantaran atau penerimaan produk maupun jasa. Usahakan semuanya dapat dilakukan dalam sehari, termasuk jangka waktu yang dibutuhkan untuk merespon pertanyaan dari klien Anda. Hilangkan berbagai prosedur komunikasi sebenarnya tidak diperlukan.

  1. Memastikan bisnis Anda adalah bisnis yang mendengar kebutuhan klien

Klien Anda adalah kritikus terbaik bisnis Anda. Masukan sesederhana apapun dari klien Anda berpotensi besar menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi bisnis Anda. Jadilah pendengar yang baik, berikan kesempatan bagi klien dan customer Anda untuk memberikan feedback bagi bisnis Anda, kemudian perhitungkan bagaimana masukan yang diberikan oleh klien bisa memberikan dampak yang baik dan bersifat membangun bagi bisnis Anda. Kemudian, rumuskan strategi untuk memperbaiki area bisnis Anda yang memerlukan perbaikan dan pembaharuan.

Customer Needs
Sumber Gambar: smallbusiness.chron.com
  1. Berikan respon yang memadai untuk klien dan customer Anda

Respon yang benar-benar tulus dan memberikan perhatian yang memadai akan dapat dirasakan oleh customer Anda. Customer di zaman yang serba digital akan selalu lebih menghargai interaksi manusia nyata dan bukan robot otomatis yang menjawab pertanyaan atau keluhan mereka secara sistematis tanpa peduli bagaimana pengalaman yang mereka alami. Respon yang diberikan oleh customer service Anda berperan besar dalam penilaian pengalaman yang dilalui oleh customer Anda, yang dapat menjadi pertimbangan mereka sebelum memutuskan apakah mereka akan menjadi pelanggan tetap atau tidak.

  1. Tempatkan diri Anda di posisi para klien

Berempati pada posisi yang dihadapi dan tengah dilalui klien dapat membuat klien merasa terhubung secara personal dengan bisnis Anda. Terkadang, klien dapat menuntut Anda di waktu bebas Anda, dan Anda harus menjawab mereka meski Anda memiliki kepentingan pribadi. Jika Anda bisa memisahkan waktu-waktu ini tentu saja lebih baik, namun saat tidak memungkinkan, Andalah yang harus berkompromi demi pelayanan dan pengalaman terbaik untuk customer Anda.

Customer Needs
Sumber Gambar: technologyblogged.com
  1. Pastikan bisnis Anda menyediakan pilihan dan memenuhi permintaan customer bahkan melebihi ekspektasi mereka

Memahami permintaan klien dan kemampuan menyesuaikan bisnis Anda dengan permintaan klien tanpa merugikan bisnis Anda merupakan nilai yang sebaiknya dimiliki oleh bisnis Anda untuk bisa berhasil dan mengungguli kompetitor lainnya.

Periksa kembali cara kerja bisnis Anda dan lakukan perbaikan sesuai kebutuhan.

You may also like

By