Qontak WhatsApp

8 Tips Penjualan di Akhir Tahun untuk UMKM!

Small Medium Enterprises Year End Sale Strategy

Rekomendasi 7 Tips Penjualan di Akhir Tahun yang harus dipelajari UMKM!

Bagaimana target penjualan Anda? apakah sudah mendekati target? atau bahkan jauh dari harapan? akhir tahun memang menjadi momen krusial bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan bahkan target yang telah dibuat pada awal tahun. Sayang bagi bisnis apabila melewati momentum akhir tahun dimana banyak pengusaha atau bisnis berlomba-lomba meningkatkan penjualan guna menutup tahun dengan omzet semaksimal mungkin. Sebagai pelaku usaha UMKM, Anda pun bisa ikut memanfaatkan momen akhir tahun untuk meningkatkan penjualan. Bahkan lebih bagus bila dapat mencatatkan laba sebelum tutup buku di penghujung tahun. Berikut tips penjualan di akhir tahun untuk memaksimalkan omzet Anda!

Apa Tips Penjualan di Akhir Tahun?

1. Buat Paket Bundling

Tips Penjualan di Akhir Tahun Bundling

Cobalah lakukan trik Bundling diskon ini. Caranya, adalah memberikan diskon khusus pembelian jumlah tertentu. Strategi ini digunakan untuk mendorong pelanggan membeli lebih banyak produk Anda

Misal, bisnis Anda bergerak di bidang fesyen. Maka Anda bisa memberikan diskon sebesar 30-50% kepada pelanggan yang membeli baju dan celana sekaligus. Pastikan produk-produk yang Anda tetapkan merupakan satu kesatuan (komplementer) yang membuat pelanggan merasa sayang bila tak memanfaatkan diskon dari Anda.

Dengan trik ini Anda dapat meningkatkan jumlah produk yang dapat terjual. Sebab dalam sekali pembelian paling tidak sudah ada dua produk yang terjual. Dengan begini kuantitas penjualan yang Anda kejar untuk mendapatkan untung pun dapat terpenuhi.

Keuntungan bundling diskon adalah Anda dapat menjual produk yang selama ini kurang laris dengan produk yang laris sebagai pemancingnya. Jadi, untuk penghitungan diskonnya, Anda cukup memotong harga dari produk yang kurang laris tersebut. Sehingga, harga produk yang laris tetap sama. Karena itu, cermatlah dalam menentukan produk yang akan dimasukkan ke dalam paket diskon ini. Pastikan produk yang dijual saling relevan agar membuat pelanggan merasa sayang untuk melewatkannya.

2. Diskon Volume

Tips Penjualan di Akhir Tahun Volume Diskon
Sumber Gambar: ballantine.com

Tips penjualan di akhir tahun berikutnya dengan implementasi diskon berdasarkan volume. Tips diskon ini hampir sama dengan bundling diskon. Perbedaannya adalah diskon ini membebaskan pelanggan untuk memilih produk yang mau dibeli. Karena syarat mendapatkan diskon ini ialah pelanggan harus membeli produk Anda dalam jumlah tertentu. Misal, Anda mengharuskan pelanggan membeli minimal tiga produk terlebih dahulu agar bisa mendapatkan diskon 50% dari total harga yang harus dibayar.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan tips ini hampir serupa dengan Bundling Diskon, yaitu mendorong kuantitas penjualan Anda sehingga dapat segera menghabiskan stok.

3. Voucher Diskon

Tips Penjualan di Akhir Tahun Voucher

Satu hal yang membawa pelanggan mau datang ke toko atau mengakses online shop bila sudah mendapatkan voucher diskon. Para pelanggan bisa mendapatkan voucher diskon tersebut dari berbagai hal, mulai dari media sosial, quiz, atau e-commerce.

Anda juga bisa menyebar voucher diskon Anda kepada para pelanggan yang pernah berkunjung ke toko Anda. Caranya bisa melalui email, website maupun SMS blast. Tentunya, agar bisa melakukan trik ini, Anda perlu memiliki database pelanggan tetap khususnya yang pernah bertransaksi di toko Anda.

Voucher diskon bisa Anda variasikan berupa kode unik atau undangan khusus. Keuntungan voucher diskon ini Anda dapat langsung menggapai target market dan memberikan diskon berdasarkan kriteria loyalitas pelanggan. Misal, untuk pelanggan yang sering bertransaksi Anda memberikan diskon akhir tahun sebesar 30%, sedangkan untuk konsumen yang jarang bertransaksi sebesar 50% agar menstimuli mereka untuk belanja. Ini bisa dilakukan sebaliknya tergantung strategi dan objektif yang Anda gunakan.

4. Flash Sale

Tips Penjualan di Akhir Tahun Flash Sale
Sumber Gambar: lovelyindeed.com

Anda bisa memanfaatkan penjualan di akhir tahun dengan mengadakan flash sale. Dalam tren penjualan saat ini, flash sale bisa diadakan dalam keadaan waktu tidak tertentu. Namun yang sudah pasti adalah promo di tanggal kembar (contoh 12/12 atau 12 Desember).

Flash sale ini cocok bagi Anda yang hanya memiliki biaya terbatas untuk mengadakan diskon. Jadi, Anda bisa memberikan diskon hanya pada produk-produk tertentu selama periode flash sale dan hanya barang tertentu. Periode flash sale juga kembali kepada Anda, bisa hanya dalam hitungan jam bahkan 3 hari. Anda dapat memanfaatkan flash sale dengan mengikuti program e-commerce seperti Tokopedia maupun Shopee.

5. Cuci Gudang (Clearance Sale)

Coba Anda perhatikan kembali stok barang di gudang, apakah masih banyak? Akhir tahun dapat Anda manfaatkan tidak hanya dengan flash sale melainkan Anda juga dapat melakukan clearance sale (cuci gudang). Clearance sale ini bisa Anda padu dengan flash sale, namun bila sebelumnya pada flash sale produk terbatas pada jenis tertentu, pada cuci gudang Anda dapat dengan banyak memasukkan barang yang untuk dijual dengan harga miring. Lebih baik sedikit banting harga daripada tidak terjual sama sekali bukan? sehingga apabila stok tahun depan datang, Anda tidak pusing lagi karena kelewat momentum akhir tahun.

6. Gratis Ongkos Kirim

Membebaskan pelanggan dari ongkos kirim juga menjadi bagian dari program diskon. Keuntungannya sangat jelas, Anda tak perlu menurunkan harga produk Anda.

Memberikan pengiriman gratis tentu akan membuat senang pelanggan Anda. Apalagi bagi mereka yang mau membeli produk Anda dalam jumlah banyak. Karena itu, sebelum Anda menjalankan trik ini, perhitungkan dulu setiap ongkos kirim yang harus Anda bayar ke sebuah kota dengan ukuran tertentu. Tujuannya memastikan agar Anda tidak merugi karena harus menombok biaya ongkos kirim, sedangkan harga jual produk Anda jauh lebih rendah. Jadi, Anda bisa menentukan syarat bagi pelanggan yang mau mendapatkan gratis ongkos kirim.

Misal, pelanggan Anda yang mendapatkan ongkos kirim gratis bila membeli dengan minimal Rp 50rb. Dan pesanan yang memerlukan pelayanan khusus, seperti harus menggunakan peti atau sebaiknya akan dikenakan biaya tambahan. Atau Anda juga bisa menentukan lokasi-lokasi tertentu, seperti area Jabodetabek atau Jawa Bali.

Karena itu, sebelum menjalankan trik ini, Anda harus benar-benar cermat menghitung seberapa besar pengaruhnya terhadap margin keuntungan Anda dari tiap pesanan. Dan Anda juga harus tahu minimum jumlah penjualan yang tertarget agar trik ini dapat menguntungkan Anda.

7. Hadiah Ekstra

End Year Marketing
Sumber Gambar: vectorfree.com

Mirip seperti bundling namun hadiah ekstra merupakan hadiah secara cuma cuma. Anda dapat menggunakan promo akhir tahun untuk memberikan customer experience yang hangat kepada pelanggan guna meningkatkan loyalitas mereka dengan memberikan hadiah. Untuk hadiah yang diberi beranekaragam, seperti cenderamata atau sekedar barang komplementer dengan bingkisan cantik ala natal atau tahun baru.

8. Giveaway

Giveaway bisa menjadi senjata terakhir Anda dalam meningkatkan penjualan di akhir tahun. Anda dapat memberikan hadiah terbaik secara cuma-cuma namun dengan memberikan beberapa syarat terhadap calon pelanggan khususnya di media sosial. Contohnya seperti tag teman di kolom komentar lalu ikut follow akun media sosial. Dengan adanya giveaway, Anda tidak hanya meningkatkan potensi penjualan namun juga meningkatkan engagement dan jumlah pengikut pada akun Anda.

Setelah dan sebelum Giveaway, Anda perlu merapihkan akun Anda semenarik mungkin agar pengguna yang datang karena efek giveaway mendapatkan informasi sesuai yang Anda harapkan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Maksimalkan Tips Penjualan di Akhir Tahun dan Tutup 2021 dengan Omzet Maksimal!

Demikian 5 tips penjualan di akhir tahun yang cocok bagi UMKM. Memaksimalkan jenis diskon melalui bundling, volume, voucher, flash sale, cuci gudang, hingga giveaway. Dengan mengimplemtasi tips penjualan di akhir tahun tersebut dengan baik, Anda dapat memanfaatkan momen akhir tahun untuk meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu, Anda dapat meningkatkan jumlah pelanggan ke toko Anda.

Qontak.com dapat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan dan otomatisasi layanan pelanggan melalui Instagram API, Omnichannel Facebook Messenger, dan WhatsApp Business API. Semua layanan pelanggan pada social media Anda dapat dijalankan dalam 1 platform. Terlebih, Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk meningkatkan usahanya. Coba gratis penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah!

 

You may also like

By