Qontak WhatsApp

15 Tools Untuk Customer Service Terbaik, No 1 Wajib!

Tahukah Anda kalau ternyata tools untuk customer service dapat membantu perusahaan/ bisnis Anda dalam memenuhi harapan pelanggan terhadap kualitas sebuah layanan konsumen? Seiring berkembangnya dunia bisnis, harapan pelanggan banyak mengalami perubahan.

Pelanggan menginginkan waktu respons yang lebih cepat, lebih praktis, dan lebih transparan (jelas) mengenai segala hal. Untuk itu lengkapilah bisnis Anda dengan tools customer service online agar bisnis Anda terhindar dari kaburnya pelanggan seperti beberapa alasan kaburnya pelanggan yang dilansir oleh Liputan6.com.

Di bawah ini kami akan memaparkan lebih dalam tentang customer support tools. Selain itu ada juga 15 tools untuk customer service terbaik di Indonesia yang dapat Anda pilih untuk digunakan.

Berikut adalah 15 tools untuk customer service yang dapat Anda dapatkan di Indonesia:

  1. Mekari Qontak
  2. Zendesk
  3. Hootsuite
  4. Help Scout
  5. Olark Live Chat
  6. Jira Service Desk
  7. Slack
  8. Sprout Social
  9. Nicereply
  10. Vanilla
  11. Lessonly
  12. SurveyMonkey
  13. Facebook
  14. MobileMonkey
  15. Recurly

Image CTA for Tools Customer Service

Rekomendasi Artikel: Pentingnya Customer Service, Jangan Anggap Remeh


Apa itu Tools untuk Customer Service?

Tools untuk customer service adalah perangkat lunak yang digunakan oleh tim customer service perusahaan untuk melacak, memprioritaskan, mengelola, menanggapi, dan menyelesaikan pertanyaan atau permintaan dari pelanggan secara massal.

Customer service online tools ini memiliki sistem terpusat sehingga semuanya dapat diatur, dipantau, dikelola, dan dianalisis dalam satu tempat. Alat yang tidak efisien seperti spreadsheet atau kotak masuk bersama dapat membuat bingung penggunanya sehingga penggunaanya dapat menjadi salah satu contoh manajemen customer service yang buruk karena timbulnya pengalaman pelanggan dan pengalaman karyawan yang buruk.

Pada tingkat yang paling dasar, customer support online biasanya menyediakan sistem ticketing untuk menyatukan percakapan pelanggan di seluruh saluran pada satu lokasi sehingga tim CS dapat meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) dengan cara memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.


Apa saja Tugas Customer Service?

Tugas utama customer service adalah melayani pelanggan. Tools untuk customer service online mempermudah tim CS untuk melayani pelanggan darimana saja. Alasanya sistem customer service biasanya berbasis cloud yang bisa diakses melalui jaringan internet.

Berikut tugas customer service online yang dipermudah dengan tools diantaranya:

  • CS harus bisa menjalin hubungan baik dengan kolega atau mitra bisnis
  • Customer service harus bisa memberikan solusi yang membuat pelanggan tertarik untuk membeli suatu produk yang Anda jual
  • Membangun hubungan baik dengan pelanggan
  • Customer service harus berperan sebagai penerima tamu
  • Penghubung antara perusahaan dengan pelanggan
  • Melayani pelanggan dengan ramah
  • Menyelesaikan tugas administrasi berulang
  • Memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan
  • Menganalisis Informasi Pelanggan

Bagaimana Cara Memilih Customer Service Tools yang Tepat untuk Bisnis?

Ada berbagai hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk memilih customer service tools terbaik untuk bisnis Anda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

– Ukuran tim CS

Saat memilih tools untuk customer service, Anda perlu mempertimbangkan ukuran tim customer service Anda. Secara umum, bisnis lebih kecil tidak memerluka fitur lanjutan dan hanya membutuhkan tiket sederhana.

Sementara bisnis yang lebih besar mungkin akan membutuhkan lebih banyak fitur lanjutan, seperti integrasi, kolaborasi, dan fungsi tiket lanjutan.

– Kemudahan penggunaan

Selain ukuran tim, Anda juga perlu mempertimbangkan kemudahan penggunaan customer service tools. Alat atau perangkat dengan interface yang user-friendly akan membuat proses layanan pelanggan Anda menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan banyak pelatihan dan konfigurasi untuk menyesuaikannya.

– Fitur

Setiap tools customer service menawarkan fitur layanan pelanggan yang berbeda. Beberapa mungkin hanya menawarkan sebagai fitur, beberapa lainnya mungkin akan menawarkan fitur lengkap yang dapat memudahkan Anda dan tim.

Untuk itu, Anda dapat menyesuaikan fitur yang Anda inginkan dengan kebutuhan layanan pelanggan Anda.

– Integrasi

Pertimbangan berikutnya adalah kemampuan integrasi yang baik. Apakah integrasi penting untuk tools customer service? Jawabannya tentu saja penting. Mengapa demikian?

Dengan kemampuan integrasi, Anda dapat menghubungkan customer service tools yang Anda miliki dengan berbagai sistem penunjang bisnis lainnya. Misalnya seperti CRM, omnichannel, media sosial, atau platform lainnya yang dapat memudahkan bisnis Anda secara keseluruhan.

– Harga

Kemudian, yang tak kalah penting dari semua aspek di atas adalah harga. Sebagai pebisnis, sangat penting untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik.

Jangan sampai Anda memilih alat yang terlalu mahal namun tidak memberikan manfaat untuk bisnis Anda. Sederhananya, apa yang Anda keluarkan harus sesuai dengan apa yang Anda dapatkan.

Dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikan harga tools customer service sesuai dengan budget bisnis Anda.


15 Tools untuk Customer Service Terbaik di Indonesia

1. Mekari Qontak

Logo Mekari Qontak

Mekari Qontak merupakan salah satu tools untuk customer service terbaik di Indonesia. Hal itu disebabkan karena customer service tools Mekari Qontak memiliki fitur yang paling lengkap, yaitu:

  • Web and Mobile Access: Memungkinkan akses call center dijalankan dari perangkat mana saja, baik browser maupun seluler.
  • CRM Integration: Terintegrasi dengan Aplikasi CRM sehingga memudahkan tim dalam mengakses data pelanggan ketika dibutuhkan.
  • PBX System: Memiliki sistem PBX yang canggih untuk menghemat biaya perusahaan.
  • Agent Routing: Dapat mengalokasikan agen secara otomatis dan akurat untuk mengatur panggilan sesuai kebutuhan.
  • Customization: Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  • 360 View and Analytical Reporting: Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • KPI Tracking and Task Management:Memiliki fitur pelacakan KPI dan task management yang dapat dikostumisasi secara penuh sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan mereka. Percepat KPI dan kinerja bisnis Anda sekarang.
  • Agent Routing: Dapat melakukan pembagian panggilan masuk secara otomatis kepada agent yang menangani
  • WhastApp Omnichannel Integration: Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce, dan VOIP call center pada customer service.
  • Dedicated Support: Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang tidak begitu mahal

Saya Mau Coba Gratis Tools CS Mekari Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

 

2. Zendesk

Tools untuk Customer Service_Zendesk

Customer service tools Zendesk membantu tim customer service dalam membangun pengalaman pelanggan yang baik. Dengan customer support tools ini kolaborasi antar tim menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Mereka dapat memberikan tanggapan yang cepat dan bersifat personal di saluran mana pun yang dibutuhkan. Tools untuk customer service online ini mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dalam berbagai ukuran.

3. Hootsuite

Tools Customer Service Hootsuite

Tools untuk customer service Hootsuite membantu tim customer service untuk tetap terhubung dengan para pelanggan. Mereka dapat menjadwalkan konten di berbagai jejaring sosial melalui satu dasbor berbasis web yang aman.

Dasbor tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Wawasan bisnis juga tersedia bagi seluruh tim yang terlibat. Fitur lain dari customer support tools ini adalah kemampuan untuk memfilter berbagai kata kunci, tagar, dan lokasi.

4. Help Scout

Help Scout

Help Scout adalah tools untuk customer service yang dapat membantu Anda untuk memberikan dukungan pelanggan dengan lebih mudah dan kuat. Selain itu, customer service tools Help Scout juga dilengkapi dengan fitur seperti  shared inbox, reporting, knowledge base, live chat, dan messages yang dapat memaksimalkan layanan pelanggan Anda.

5. Olark Live Chat

Olark

Customer service tools Olark merupakan perangkat lunak yang fokus pada live chat. Hal ini disebabkan karena tingginya kebutuhan pelanggan untuk dapat mengobrol secara langsung dengan tim customer service.

Customer support tools Olark memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kotak obrolan serta mendorong pelanggan untuk berinteraksi dengan tim CS berdasarkan alur kerja yang telah ditentukan sebelumnya.

Personalisasi tidak terletak hanya pada tampilan, namun juga pada bahasa yang digunakan serta pada avatar yang digunakan untuk menciptakan obrolan yang terasa alami dan manusiawi.

6. Jira Service Desk

Tools-untuk-Customer-Service-Jira-Service-Desk

Jira Service Desk memungkinkan penggunanya untuk melaporkan bug dan permintaan fitur. Selain itu melalui customer support tools ini tim customer service dan pengembang dapat mengomentari setiap laporan dan mendapatkan pembaruan setiap kali ada perubahan.

Pada dasarnya, customer service online ini merupakan tempat di mana layanan pelanggan dan produk dapat berkolaborasi dengan baik sehingga dapat menjadi  sangat bermanfaat bagi bisnis penggunanya.

7. Slack

Slack

Slack merupakan customer service tools yang memungkinkan pelanggan internal untuk mendapatkan bantuan tanpa hambatan dari departemen TI atau SDM, dari saluran yang sama yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim mereka. Ketika customer service online ini diintegrasikan dengan aplikasi lainnya, Slack juga memungkinkan tim CS untuk berkomunikasi dengan lebih baik satu sama lain saat berkolaborasi dalam menyelesaikan sebuah tiket dengan lebih efisien dan lebih cepat.

8. Sprout Social

Tools untuk customer service sproutsocial

Sprout Social adalah customer support tools yang menggabungkan alat pemantauan, keterlibatan, penjualan, dukungan, dan pemasaran melalui media sosial. Customer service tools ini mencegah terputusnya komunikasi atau alur kerja antara tim media sosial dan tim dukungan sosial.

9. Nicereply

Tools-untuk-Customer-Service-Nicereply

Sebagai customer service tools, Nicereply merupakan sebuah solusi yang hebat untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan pada waktu yang tepat. Anda dapat membuat survei yang sesuai dengan estetika perusahaan Anda dan menyesuaikan pertanyaan di dalamnya yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Nicereply juga menyediakan analisis mendalam sehingga Anda dapat memperoleh hasil maksimal dari umpan balik yang diberikan pelanggan Anda. Customer support tools Nicereply juga dapat terintegrasi dengan banyak perangkat lunak layanan pelanggan yang berbeda.

10. Vanilla

Tools-untuk-Customer-Service-Vanilla

Vanilla merupakan sebuah customer support tools  yang berbentuk forum komunitas yang menghubungkan pelanggan Anda satu sama lain. Mereka dapat berbagi testimoni dan pengetahuan mengenai produk atau jasa Anda.

Namun, Vanilla bukan forum komunitas biasa, namun sebuah customer service online yang memiliki banyak fitur luar biasa, seperti: mengendalikan berbagai jenis diskusi, mendorong adanya interaksi, membatasi spam atau pengguna yang menggunakan kata kasar/tidak pantas, dan sebagainya.

11. Lessonly

Tools-untuk-Customer-Service-Lessonly

Lessonly merupakan customer support tools yang memberikan pelatihan terhadap tim customer service dalam melayani pelanggan. Anda dapat dengan mudah dan cepat dalam membuat dan menyampaikan pelatihan dalam hitungan menit.

Dengan  customer service tools ini, tim CS Anda juga berkesempatan untuk mempraktikkan pelatihan interaksi pelanggan yang diperolehnya, seperti: tiket tiruan, obrolan, dan panggilan telepon.

12. SurveyMonkey

SurveyMonkey

SurveyMonkey adalah customer service tools yang menyediakan template bagi banyak bisnis. Template tersebut digunakan untuk membagikan survei kepada para pelanggan guna mendapatkan wawasan dari mereka.

Wawasan tersebut biasanya berkaitan dengan pendapat dari para pelanggan tentang pendapat produk atau jasa yang mereka pesan, serta layanan pelanggan yang diberikan oleh tim CS.

13. Facebook

Facebook

Facebook Messenger dan WhatsApp berada dalam satu naungan. Customer support tools tersebut memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan layanan pesan atau telepon yang cepat dan nyaman.

14. MobileMonkey

Mobile Monkey

MobileMonkey adalah sebuah customer service tools yang menyediakan kotak masuk pesan terpadu. Customer support tools ini menyederhanakan semua saluran obrolan pelanggan menjadi satu kotak masuk terpadu.

Anda dapat melihat semua percakapan yang terjadi di seluruh obrolan langsung di situs web Anda, obrolan Messenger untuk Facebook dan Instagram, pesan teks SMS, dan pesan umum lainnya.

15. Recurly

Tools-untuk-Customer-Service-Recurly

Recurly merupakan customer support tools yang menyediakan platform manajemen penagihan langganan yang serbaguna. Customer service tools bisa diintegrasi dengan aplikasi lainnya agar pengguna tidak lagi harus beralih ke tab atau sistem terpisah untuk melihat atau mengubah detail langganan pelanggan.

Baca Juga: 3 Software untuk Customer Service Terbaik


Apa Saja Pilihan Tools untuk Customer Service Terbaik?

Ada satu pilihan tools untuk customer service terbaik adalah Mekari Qontak. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan yang membantu Anda melayani pelanggan lebih baik. Misalnya KPI tracking and task Management yang membantu Anda melacak pencapaian kinerja karyawan secara real time.

Informasi lebih lengkap mengenai tools untuk customer service online terbaik, baca pada slide dibawah ini:

Baca Juga: 3 Alasan Pentingnya Membangun Customer Relationship dan Pengertian dan Fitur WhatsApp Business API


Dapatkan Tools untuk Customer Service Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Aplikasi Customer Service Qontak

Dengan menggunakan sebuah customer service tools, Anda dapat mempermudah tugas tim customer service Anda. Tak hanya itu, penggunaan customer support tools dapat menghemat biaya, mengefisienkan tugas yang ada, serta dapat mendukung peningkatan customer service online sehingga dapat membentuk customer relationship (hubungan pelanggan) yang baik. Semua manfaat tersebut akan meningkatkan pendapatan perusahaan atau bisnis Anda.

Anda bisa memperoleh tools untuk customer service terbaik melalui Aplikasi CRM Omnichannel di Mekari Qontak sekarang secara GRATIS. Selain itu, Mekari Qontak merupakan official business partner untuk WhatsApp yang dapat membantu Anda untuk memperoleh WhatsApp Business API.

Dengan WhatsApp API, Anda dapat menjalankan salah satu dari strategi Omnichannel customer service di perusahaan/ bisnis Anda. Anda juga dapat memperoleh software untuk call center terbaik dengan fitur yang lengkap melalui Mekari Qontak.

Jangan tunda lagi, hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi terlebih dahulu mengenai tools untuk customer service dari Mekari Qontak. Kami siap membantu Anda kapan saja!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By