Qontak WhatsApp

Mengenal Pentingnya User Generated Content dalam Dunia Bisnis

Mengenal Pentingnya User Generated Content dalam Dunia Bisnis

User generated content merupakan review atas feedback maupun foto dari pengguna lain terkait produk yang dipasarkan. Review atau foto yang diunggah oleh pihak lain di social media menjadi marketing yang sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha. Hal ini membuat metode peasaran satu ini sering digunakan oleh pelaku usaha.

Nah, sebelum mengenal lebih jauh mengenai user generated content, ada baiknya untuk mengetahui definisi, karakteristik, manfaat, dan contohnya dalam penjelasan singkat berikut.

Image CTA for UGC


Apa Itu User Generated Content?

User generated content adalah sebuah proporsi iklan yang berasal dari foto, review, maupun konten yang berasal dari konsumen langsung yang ada di media sosial. Iklan ini bersifat original tanpa melibatkan proses advertising dari pelaku usaha.

Definisi yang paling tepat untuk user generated content adalah suatu unggahan di media social atas suatu produk oleh konsumen baik melalui review, foto, video, teks, blog, hingga podcast. Metode ini bersifat gratis dan dapat berlangsung selama mungkin tanpa batasan waktu tergantung dari konsumen yang mengunggahnya di media social.


Karakteristik User Generated Content

Karakteristik user generated content pada umumnya menitikberatkan pada konsep iklan yang dilakukan secara original oleh konsumen. Dengan mengedepankan konsep tersebut, memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

Berikut terdapat beberapa karakteristik user generated konten yang sering muncul dalam dunia bisnis.

  • Konten menyebutkan nama brand maupun produk melalui captions
  • Konten berisi unggahan foto atas produk yang dimaksud
  • Content review tentang produk secara original, review terkadang berisi secara detail ataupun secara singkat. Terkadang berisi mengenai manfaat suatu produk. Review yang lengkap biasanya diunggah dalam blog atau podcast.
  • Konten yang berupa video biasanya berisi tentang penggunaan produk dengan menampilkan hasil nyata seperti yang diinginkan konsumen

Mengapa User Generated Content Penting?

Jika dikaitkan dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat dari hari ke hari maka tentu saja menjadi penting. Beberapa waktu terakhir, social media menjadi senjata paling penting dalam melakukan apapun. Berikut beberapa alasan user generated content penting dalam dunia usaha adalah

1. Menentukan Product Value

Content yang baik akan mampu memberikan nilai yang tinggi dalam penjualan, begitu juga sebaliknya.

2. Menentukan Keputusan Pembelian

Konten mampu membawa konsumen lain untuk membeli maupun meninggalkan produk. Untuk itulah setiap content sebaiknya mendapatkan apresiasi tersendiri dari pelaku usaha agar akhirnya konsumen tetap menentukan pilihannya untuk membeli produk yang dimaksud.

3. Meningkatkan Product Trust

Konten merupakan senjata iklan yang penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen akan suatu produk. Mengingat konsumen saat ini lebih percaya pada media social maka cara ini patut diperhitungkan.


Keuntungan User Generated Content

Keuntungan user generated content pada prinsipnya lebih menitikberatkan pada dampak penjualan atas suatu produk. Tidak dapat dihindari bahwa konsumen saat ini lebih memilih untuk melakukan pembelian atas review produk yang ada di social media.

Beberapa keuntungan yang sering dijumpai pada dunia bisnis sebagai berikut:

– Efisien dan Fleksibel

Konten merupakan sarana iklan yang bersifat fleksibel namun tetap efisien bagi pelaku usaha. Dengan adanya konten produk yang dimuat di sosial media, tidak mengharuskan pelaku usaha untuk memberikan setiap kredit akan konten yang diunggah konsumen.

Hal ini tentunya dapat memberikan efisiensi akan iklan yang harus dibayarkan oleh pelaku usaha

– Efektif

Konten merupakan sarana paling efektif yang digunakan pelaku usaha dalam melakukan iklan. Hal ini terbukti bahwa dengan membayar seorang influencer yang lebih mahal belum tentu dapat efektif.

– Meningkatkan Komunitas

Komunitas pecinta produk akan lebih mudah terserang melalui konten yang ada di social media. Dengan adanya komunitas produk maka penjualan akan produk pun menjadi lebih mudah.


Manfaat User Generated Content

User generated content bermanfaat untuk menambah keuntungan atas penjualan suatu produk. Berikut manfaat yang dimaksud:

  • Meningkatkan engagement antara produk dengan konsumen
  • Materi yang mendukung riset pasar
  • Menciptakan peluang usaha
  • Memberikan motivasi bagi pelaku usaha maupun karyawan untuk menciptakan produk baru maupun meningkatkan kualitas produk
  • Memberikan ruang kreatifitas yang bersifat inovatif dari pelaku usaha maupun karyawan atas produk mereka

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Tips Menjalankan User Generated Content

Secara umum terdapat beberapa tips menjalankan user generated content yang sering diterapkan oleh para pelaku usaha. Berikut terdapat beberapa di antaranya.

1. Membangun branding

Membangun branding merupakan perilaku usaha untuk mengenalkan produk mereka.. Pilih branding yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan dengan memperhatikan target pasar yang tepat.

2. Memahami target pasar

Memahami target pasar dimulai dengan melakukan riset pasar yang sesuai dengan produk Anda. Selanjutnya, Anda bisa memulai membangun branding. Setelah mampu membangun brand diperlukan usaha untuk memahami target pasar yang menginginkan produk yang dipromosikan.

3. Meminta Izin

Meminta izin merupakan bentuk penghargaan terhadap hak cipta suatu brand. Dengan melakukan hal tersebut maka kedepannya dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan hak cipta brand yang dimaksud.

4. Menawarkan Reward

Menawarkan reward menjadi cara menarik konsumen agar mau mempromosikan produk Anda. Dengan adanya reward, seperti voucher, akan mempermudah pelaku usaha menjalankan user generated di sosial media.

5. Perjelas Konten

Memperjelas konten sangat penting dilakukan. Mengapa? Hal ini tentu saja berkaitan dengan citra suatu brand yang memberikan gambaran secara utuh atas brand yang dimaksud.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis


Contoh User Generated Content

Sebagai media paling terpercaya, media social saat ini cenderung lebih diminati oleh konsumen. Hal ini secara signifikan akan menciptakan peluang usaha atas bisnis yang telah dijalankan.

Contoh user generated yang belum lama ini ditemukan adalah mengenai kampanye yang dilakukan Netflix dalam mempromosikan series terbarunya Stranger Things 2.

Netflix mengajak para penggemarnya untuk memposting di sosial media dengan hashtag “Stranger Things” untuk setiap postingan kehidupan sehari-hari mereka. Hasilnya luar biasa, dimana dalam waktu dua minggu Netflix berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Berikut beberapa contoh user generated content yang sering ditemukan dalam dunia bisnis di media sosial.

  • Foto produk di social media seperti Instagram atau Twitter
  • Video produk di social media seperti Youtube maupun Instragram Reel
  • Repost content atas suatu produk
  • Memberikan hashtag pada content yang diunggah atas suatu produk
  • Review atau testimoni atas suatu produk di social media maupun e-commerce
Contoh User Generated Content produk starbucks
Sumber: Instagram Starbucks

Rekomendasi: 10 Aplikasi Pemasaran Produk Terbaik untuk Bisnis Online


Kembangkan User Generated Content Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Uraian di atas menjelaskan secara singkat mengenai definisi, karakteristik, manfaat, hingga contoh user generated content yang dapat ditemukan dalam dunia bisnis sehari-hari. Jika dapat dimanfaatkan dengan benar, maka proses penjualan produk pun akan semakin mudah.

Banyak bisnis saat ini memanfaatkan teknologi untuk mendukung user generated. Salah satunya adalah omnichannel CRM. Aplikasi ini mampu menghubungkan berbagai saluran bisnis seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan banyak lagi dalam satu platform.

Omnichannel CRM memudahkan Anda dalam memantau aktivitas di sosial media dalam platform terpadu. Hal ini membuat Anda tidak terlewat satu pun interaksi pelanggan. Software Omnichannel terbaik bisa Anda dapatkan melalui Mekari Qontak.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan bersama mengembangkan usahanya. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

0 comments

By