Qontak WhatsApp

WhatsApp Business Pricing: Ketahui Biaya WhatsApp Bisnis di Sini!

WhatsApp Business Pricing- Inilah Harga WhatsApp Bisnis

Apakah WhatsApp Business Berbayar ? Berapa Harga WhatsApp API?

Saat ini banyak bisnis beralih menjual dagangannya secara online salah satunya melalui aplikasi WhatsApp Business API. Namun perlu diketahui saat Anda mulai mengirimkan pesan melalui WhatsApp Business API tidak gratis seperti WhatsApp messenger. Lalu berapa harga (pricing) WhatsApp Business yang harus Anda bayarkan?

Saat ini Meta selaku penyedia WhatsApp API menerapkan kebijakan baru untuk penetapan harga yang harus dibayarkan bisnis. Tepatnya pada Febuari 2022, Meta menetapkan biaya WhatsApp API berdasarkan inisiasi bisnis dan inisisi pelanggan. Sementaran untuk tarif dasarnya masih bergantung negara asal.

Inisasi bisnis yang dimaksud disinis adalah percakapan yang dimulai dari bisnis mengirimkan pesan ke pelanggan. Besarnya tarif yang akan dikenakan sebesar Rp465 per satu pesan dalam 24 jam sesi chat untuk nomor Indonesia. Sementara pesan yang diinisiasi oleh pelanggan akan dikenai tarif Rp 271 per satu pesan dalam 24 jam sesi chat untuk nomor Indonesia.

Pertama, insiasi pelanggan atau customer initiated (inbound). Percakapan yang dimulai sebagai tanggapan atas pesan pengguna. Bisnis dapat mengirim pesan bentuk bebas dalam jendela layanan pelanggan 24 jam ini.

Pelajari selengkapnya mengenai WhatsApp Business pricing dengan membaca artikel dibawah ini.

Ingin-Coba-WhatsApp Business API Pricing


Apa itu WhatsApp Business Pricing?

WhatsApp Business pricing adalah harga yang telah ditetapkan oleh pihak Meta atau Facebook yang harus dibayarkan setiap pengguna WhatsApp Business API. Harga (pricing) tersebut dihitung berdasarkan dua hal yakni Business Initiated (inisiasi bisnis) dan User Initiated (Inisiasi pelanggan). Sementara untuk besarnya tarif akan dibedakan berdasarkan nomor asal negara pengirim.

Meta akan mengirimkan invoice ke email Anda selama minggu pertama di setiap bulannya untuk semua akun WhatsApp Business. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank ke rekening bank Facebook yang tercantum di setiap invoice. Semua biaya jatuh tempo dalam 30 hari setelah tanggal invoice dikirimkan dan pembayaran yang terlambat akan dikenai biaya layanan.

Pelajari selengkapnya terkait WhatsApp Business Pricing dengan menonton video dibawah ini:


Apa Perbedaan WhatsApp Business Biasa dan WhatsApp Business API?

Ada dua tipe aplikasi WhatsApp Business yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis, yaitu: WhatsApp Bisnis biasa dan WhatsApp Bisnis API. Berikut perbedaan keduanya:

1. WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business dapat diunduh secara gratis dan khusus diciptakan bagi para pelaku UMKM. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk terhubung secara pribadi dengan para pelanggan mereka. Selain itu, WhatsApp bisnis memiliki fungsi untuk:

  • menyoroti produk dan layanan yang Anda berikan,
  • menjawab pertanyaan dari para pelanggan,
  • membuat katalog produk dan layanan,
  • mengotomatiskan, mengurutkan, dan menanggapi pesan dengan cepat.

WhatsApp Business biasa ini hanya dapat dipakai oleh maksimum 1 agen dalam 1 nomor dan dapat diunduh gratis melalui App Store/Play Store. Untuk pendaftaran pun cukup mudah hanya perlu menyiapkan Facebook Business Manager dan 1 SIM Card.

2. WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API)

Bisnis dengan skala menengah dan besar lebih cocok jika menggunakan aplikasi WhatsApp Business API. WhatsApp Business API atau WhatsApp API memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan WhatsApp bisnis biasa. WA API dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan di seluruh dunia. Anda dapat terhubung dengan mereka melalui WhatsApp dengan cara yang sederhana, aman, dan andal.

WhatsApp API dapat digunakan oleh banyak agen/admin dalam 1 nomor dan aplikasi yang digunakan pun berbeda dengan WhatsApp Business biasa. WhatsApp API menggunakan aplikasi dari Facebook Official Partner, yang salah satunya adalah Qontak.

Perbedaan WhatsAp Bisnis Biasa dan WhatsApp Binsis API dibawah ini:

WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business API

Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop)

Jumlah admin tak terbatas

Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual

Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat

Menyimpan nomor secara manual

Nomor dan nama otomatis tersimpan

Tidak bisa mengirimkan pesan blast

Dapat mengirimkan pesan blast

Koneksi terputus saat perangkat utama offline

Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif

Tidak bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain

Bisa integrasi dengan aplikasi lain

Tidak ada centang hijau

Ada centang hijau


Berapa Harga (Pricing) Aplikasi WhatsApp Business?

Besarnya WhatsApp Business Pricing untuk setiap negara berbeda. Harga WhatsApp Business ditentukan oleh Facebook berdasarkan pasar tempat Anda beroperasi atau berdasarkan kode negara orang yang menerima pesan, bukan lokasi bisnis berada.

Berikut rincian harga WhatsApp Business adalah:

1. WhatsApp Business Pricing (Harga WhatsApp Bisnis Biasa)

WhatsApp-Business-Pricing-Biasa

WhatsApp tidak mengenakan biaya untuk penggunaan aplikasi WhatsApp bisnis, tetapi ada beberapa biaya terkait. Dimana Anda memerlukan nomor telepon khusus karena menggunakan nomor yang sama untuk WhatsApp pribadi dan bisnis tidak diperbolehkan. Artinya Anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli nomor tersebut.

Jika Anda memiliki telepon SIM ganda, Anda dapat membeli kartu SIM tambahan untuk memasukkan dan menetapkan nomor itu ke Aplikasi Bisnis. Jika Anda tidak memiliki ponsel SIM ganda, Anda perlu membeli ponsel baru untuk WhatsApp Business.

Ingat, Anda hanya dapat menginstal Aplikasi WhatsApp Business di satu perangkat. Agar pengguna memiliki akses tambahan, belilah telepon tambahan yang dapat Anda bagikan atau sebagai alternatif, gunakan WhatsApp Web. Jika Anda memiliki banyak admin, disarankanWhatsApp Official Business Account (WhatsApp API).

2. WhatsApp Official Business Edition Pricing (Harga WhatsApp Bisnis API)

WA-official-account

WhatsApp Business API adalah layanan berbayar. Harga WhatsApp Business API bergantung pada tiga hal:

  • Model penetapan harga berbasis percakapan WhatsApp
  • Hosting on WhatsApp Business Solution Provider pricing
  • Conversation management platform pricing

– Apa itu penetapan harga berbasis percakapan WhatsApp?

WhatsApp beralih dari model penetapan harga berbasis notifikasi menjadi berbasis percakapan yang mencakup semua pesan dalam sesi 24 jam. Dalam perpindahan ini Facebook mengenalkan objek conversation, origin, dan pricing ke Webhooks untuk melacak percakapan secara real time.

Penentuan harga berbasis percakap akan bervariasi tergantung di mana percakapan dimulai. Percakapan dapat diinisiasi oleh pelanggan atau diinisiasi oleh pelaku bisnis, seperti berikut:

  • Diinisiasi oleh pelanggan: percakapan ini diinisiasi sebagai tanggapan atas pesan pelanggan. Artinya kapanpun pelaku bisnis membalas pesan pelanggan selama 24 jam, pesan tersebut dihitung sebagai percakapan yang diinisiasi oleh pelanggan.
  • Diinisiasi oleh pelaku bisnis: percakapan ini diinisiasi oleh pelaku bisnis yang mulai mengirimkan pesan kepada pelanggan. Dimana pesan ini di luar periode layanan pelanggan 24 jam yang diinisiasi oleh pelanggan sebelumnya. Pesan yang memulai percakapan yang diinisiasi oleh pelaku bisnis biasanya memerlukan template pesan.

Semua percakapan yang terjadi dihitung dalam periode 24 jam. Selama periode tersebut, bisnis dan pelanggan dapat bertukar pesan tanpa biasa tambahan. Sedangkan jika percakapan yang diterima atau dikirim telah lewat dari 24 jam akan masuk biaya sesi initiate baru.

Contoh kasus

Contohnya ada seorang pelanggan mengirimkan pesan pertama kali pada 1 April 2022 pukul 10.00. Pesan ini akan dikenakan biaya percakapan yang diinisiasi oleh pelanggan. Dimana sesi ini akan berakhir 24 jam ke depat atau pada tanggal 2 April 2022 pukul 10.00.

Apabila Anda membalas pesan tersebut dihari yang sama (1 April 202) pukul 12.00, maka masih termasuk dalam sesi percakapan 24 jam. Artinya biaya yang dikenakan masih termasuk inisiasi oleh pelanggan.

Sementara, jika Anda membalas pesan tersebut keesokan harinya (2 April 2022) pukul 10.05, artinya sudah melebih batas 24 jam yang ditetapkan. Dalam hal ini Anda akan masuk sesi baru dengan tarif yang berdasarkan inisiasi bisnis. Dimana sesi ini akan berlangsung selama 24 jam yang akan berakhir pada tanggal 3 April 2022 pukul 10.05. Alur tersebut akan berulang seterusnya.

Untuk harga WhatsApp berbasis percakapan lengkapnya dapat dicek disini: Harga Berbasis Percakapan

– Apa itu Harga Penyedia Solusi Bisnis?

Jika Anda memilih untuk menghosting API WhatsApp melalui salah satu penyedia solusi bisnis WhatsApp, itu tidak akan gratis. Besarnya harga BSP tergantung pada yang Anda pilih.

Berikut adalah contoh yang menunjukkan biaya keseluruhan untuk memiliki solusi bisnis WhatsApp seperti Mekari Qontak. Mekari Qontak menawarkan beberapa paket Monthly Conversation Credit dan Monthly Unique Visitors. Dimana setiap paket yang ditawarkan memiliki batasan credit yang bisa digunakan oleh bisnis.

Sementara itu, Mekari Qontak juga menawarkan fitur tambahan yang bisa Anda pilih. Fitur tambahan ini bisa Anda gunakan untuk mendukung kegiatan bisnis Anda menghasilkan lebih banyak penjualan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk lebih jelasnya, simak gambar dibawah ini:

Harga Qontak

Apa itu Conversations management platform pricing?

Harga Platform Manajemen Percakapan WhatsApp tergantung pada yang Anda gunakan. Sebagian besar platform manajemen percakapan menentukan harga berdasarkan jumlah percakapan atau kontak yang dimiliki Bisnis Anda.


Apa Kegunaan dan Manfaat Menggunakan WhatsApp Business API ?

Mungkin Anda merasa harga WhatsApp Business API relatif lebih mahal dibandingkan WhatsApp Business Biasa yang dapat diperoleh gratis. Namun jangan ragu untuk beralih ke WhatsApp API. Pasalnya banyak manfaat yang hanya bisa Anda dapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API dibandingkan WhatsApp Bisnis biasa seperti berikut:

– Meningkatkan customer trust yang baik

Kepercayaan dari para pelanggan terhadap bisnis Anda perlu diciptakan demi kemajuan bisnis di masa mendatang. Dengan adanya profil bisnis yang jelas pada akun WhatsApp API Anda, secara tidak langsung akan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Hal ini dibantu juga dengan adanya tanda centang hijau WhatsApp Anda.

– Lebih aman dan nyaman dalam berkomunikasi

Adanya enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan. Hal ini dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

– Menciptakan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan

Tidak hanya bisa berkirim pesan teks, gambar, suara maupun video; namun WhatsApp juga menyediakan fitur untuk mengunggah cerita atau story yang dapat dilihat oleh setiap orang. Hal ini merupakan salah satu bentuk komunikasi yang interaktif dengan pelanggan. Selain itu juga terdapat foto profil, status, serta share live location yang sangat berguna bagi pelanggan yang ingin mengetahui lokasi bisnis Anda.

– Integrasi dengan aplikasi lain

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang artinya memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Dengan demikian, WhatsApp Business API dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dan aplikasi customer service lainnya.

– Memperoleh saran dan penilaian langsung dari pelanggan

Anda bisa secara langsung meminta saran atau penilaian   kepada para pelanggan Anda. Saran dan penilaian tersebut akan sangat bermanfaat untuk evaluasi kerja rutin pada bisnis Anda.

Baca: WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp


Keuntungan yang akan Anda Dapatkan Setelah Membayar WhatsApp Business API Pricing

Setelah membayar atau berlangganan WhatsApp API, tentu saja Anda akan mendapatkan berbagai fitur canggih. Dimana fitur-fitur tersebut dapat Anda gunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan.  Beberapa fitur Whatsapp Business API adalah:

1. Satu nomor untuk banyak agen customer service di berbagai lokasi

Pelanggan Anda bisa saja merasa bingung dan kerepotan jika harus menyimpan nomor bisnis yang berbeda untuk agen CS yang berbeda. Akan lebih praktis jika terdapat hanya satu nomor bisnis yang dapat digunakan oleh semua agen CS Anda walaupun mereka berada di lokasi yang berbeda.

whatsapp-business-api-pricing-agent-routing

2. Centang hijau WhatsApp

Centang hijau pada WhatsApp bisnis ini merupakan sebuah tanda bahwa nomor dan akun bisnis WhatsApp Anda telah terverifikasi sebagai bisnis yang resmi dan lengkap legalitasnya. Tanda centang hijau ini dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

whatsapp-verified-badge-whatsapp-business-pricing

3. Menyimpan dan mengunduh semua data penting secara otomatis

Anda dapat mengunduh semua file atau dokumen penting pada bisnis Anda, seperti: kontak, riwayat transaksi, percakapan, dan sebagainya. Penyimpanan dokumen tersebut dijalankan secara otomatis sehingga Anda dapat menghindari human error yang sering terjadi.

whatsapp-business-api-pricing-otomatis-menyimpan-data

4. Akses laporan sales, customer service, dan agen CS Anda

Tak hanya penyimpanan data, namun pelaporan data atau informasi bisnis penting lainnya sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Laporan itu juga berisi analisa data yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami kondisi yang sedang berlangsung pada bisnis Anda.

whatsapp-business-api-kpi-tracking

5. Integrasi dengan Omnichannel CRM

Omnichannel CRM merupakan sistem CRM yang terhubung dengan saluran bisnis penting lainnya, termasuk sosial media. Anda dapat menggunakan sosial media Anda sebagai sarana untuk membagikan WhatsApp API link yang Anda punya. Aplikasi CRM ini sangatlah penting bagi sebuah bisnis, karena sistem yang dijalankannya mempunyai tujuan khusus yaitu dalam hal manajemen hubungan pelanggan.

whatsapp-business-api-omnichannel-crm

Dengan fitur serta manfaat yang cukup banyak pada WhatsApp bisnis tersebut, tak heran jika kita wajib mempertimbangkan WhatsApp Business pricing yang telah ditetapkan. Jika harga WhatsApp Business tersebut masih dapat kita jangkau, lalu mengapa tidak?!

Baca Juga:  Manfaat WhatsApp API untuk Bisnis Retail


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business?

Tidak hanya berbeda dari fitur yang dimilikinya saja, namun dua tipe WhatsApp bisnis yang telah kami jelaskan diatas juga dapat diperoleh dengan cara yang berbeda. Berikut ini adalah cara mendapatkan WhatsApp Business:

– Cara Mendapatkan WhatsApp Business Biasa

Aplikasi WhatsApp Business biasa dapat diperoleh dengan mudah, yaitu dengan cara mengunduhnya secara gratis di Playstore atau Appstore yang telah tersedia di smartphone Anda masing-masing. Anda cukup mengetikkan “WhatsApp Business” pada kolom pencarian, kemudian aplikasi tersebut akan muncul di bagian teratas.

– Cara Mendapatkan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API)

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business biasa, WhatsApp Official Business Edition atau WhatsApp API tidak terdapat pada Playstore atau Appstore. Satu-satunya cara untuk mendapatkan WhatsApp API adalah melalui official partner WhatsApp di negara masing-masing. Untuk di Indonesia, Qontak.com merupakan salah satunya.

Langkah – langkah untuk memperoleh WhatsApp API adalah:

  1. Memilih WhatsApp Official Partner Terbaik, Mekari Qontak
  2. Mengajukan verifikasi perusahaan ke pihak WhatsApp.
  3. Mengaktifkan nomor yang akan didaftarkan

Frequently Asked Question tentang WhatsApp API

Mengapa saya membutuhkan API untuk mendapatkan aplikasi WhatsApp API?
    • Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan fitur yang lebih canggih pada WhatsApp bisnis Anda, Anda memerlukan API. Vendor WhatsApp blast Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WA Business biasa dan WhatsApp API software dari Qontak.com?
    • Tidak ada API di WA Business biasa. Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WA Business. Sedangkan dengan vendor WhatsApp blast Qontak.com, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem blast yang baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WA Business saya ke aplikasi WhatsApp API Qontak.com?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan promosi dengan aplikasi WhatsApp API?
    • Anda dapat memberikan info promosi / kampanye jika disetujui atau diizinkan oleh pelanggan.

Dapatkan WhatsApp Business Pricing Terbaik!Mekari Qontak

Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang dapat diperoleh gratis, WhatsApp Business API berbayar. Harga WhatsApp Business ditentukan berdasarkan kode negara baik pelaku bisnis atau pelanggan yang memulai percakapan. Biaya WhatsApp Business ini akan ditagih oleh Facebook setiap bulannya.

Anda dapat memperoleh harga WhatsApp Business atau WhatsApp Business pricing terbaik hanya di Mekari Qontak. Hubungi tim kami jika Anda mengalami kesulitan dan ingin berkonsultasi mengenai aplikasi WhatsApp Business dengan tim kami, misalnya untuk mempelajari cara menggunakan WhatsApp Business API atau pertanyaan lainnya.

Tak hanya itu saja, Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan dan Qontak tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By