Qontak WhatsApp

7 Cara Memasang WhatsApp Chat Widget di Website

Cara Memasang WhatsApp Chat Widget di Website

Panduan Cara Memasang WhatsApp Chat Widget

WhatsApp chat widget pada website berfungsi sebagai media komunikasi antara pengunjung situs web Anda dengan tim customer service atau tim helpdesk Anda. Pengunjung memanfaatkan WhatsApp widget untuk mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan terkait kendala atau kesulitan yang mereka jumpai pada situs web Anda.

WhatsApp web widget dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan. Misalnya dengan menampilkan nama, deskripsi, gambar profil, ikon, bentuk tombol, pesan selamat datang, opsi obrolan, dan banyak lagi pada tersebut.

Pada perkembangnya WhatsApp widget juga digunakan pada smart phone. Berbeda penggunaan di website, Widget WhatsApp pada HP mampu menampilkan isi pesan yang belum terbaca di layar utama smartphone. Dengan begit, pengguna dapa membaca isi pesan tanpa diketahui pengirim atau tanda centang biru (laporan terbaca) tidak akan muncul di layar mereka.

Pelajari lebih cara memasang WhatsApp chat widge pada ulasan dibawah ini.

Ikuti 7 langkah memasan WhatsApp chat widget pada website berikut:

1. Login ke situs WordPress Anda
2. Pilih “Plugins”, kemudian pilih “Add new
3. Cari plugin berjudul “Header and Footer Scripts
4. Klik “Install Now” dan aktifkan plugin
5. Pilih “Setting”, kemudian pilih “Header and Footer Scripts
6. Tempelkan pixel script dari penyedia WhatsApp web widget pada kotak “Scripts in header
7. Tekan “Save” maka WhatsApp WordPress Anda siap digunakan!

Ingin memasang WhatsApp Chat Widget di website_-01


Apa itu WhatsApp Chat Widget?

WhatsApp chat widget adalah tools yang menghubungkan pelanggan dengan bisnis pada aplikasi WhatsApp. Pelanggan yang ingin menanyakan pertanyaan atau meminta bantuan akan menekan widget ini. Kemudian tim support akan merespon pesan secara langsung (live chat) dari pelanggan tersebut.

Cara ini dinilai efektif sebab WhatsApp adalah aplikasi yang paling banyak digunakan. Artinya pelanggan akan merasa lebih nyaman untuk berinteraksi dengan bisnis tanpa harus menginstall aplikasi baru. Biasanya widget chat dapat ditemukan pada pojok kanan websit bisnis. Namun tidak menutup kemungkinan, bisnis juga menaruhnya ditempat berbeda.


Apa Manfaat Bisnis Menambah WhatsApp Chat Widget pada Website?

Selain manfaat yang telah kami sebutkan, ada beberapa manfaat lain yang akan Anda dapatkan jika Anda memasang WhatsApp live chat widget Anda, yaitu:

  • Memudahkan komunikasi bagi pelanggan tanpa harus berganti gadget dan aplikasi. Pengunjung dapat langsung mengklik ikon yang tersedia pada situs web Anda.
  • Memberi respon atau tanggapan lebih cepat kepada pengunjung situs web yang bertanya atau yang membutuhkan bantuan. Hal ini dapat membangun customer relationship yang baik antara bisnis Anda dan pelanggan.
  • Menciptakan kesan situs web yang lebih profesional karena kehadiran WhatsApp WordPress ini menunjukkan bahwa tim CS Anda selalu ada dan siap melayani pengunjung setiap saat. Pengunjung dapat bertanya atau menyampaikan keluh kesah mereka kapanpun mereka butuhkan.
  • Meningkatkan konversi pada bisnis. Hal ini tentu didukung juga oleh pengalaman komunikasi pemasaran tim CS Anda. Komunikasi yang baik serta pelayanan yang cepat dan mudah, akan meningkatkan penjualan pada bisnis Anda.

Cara Memasang WhatsApp Widget di Layar HP

Sebagai pengguna WhatsApp, Anda mungkin ingin mengindari pesan yang datang dari teman, keluarga, kolega atau pelanggan. Meskipun, terkadang Anda penasaran ingin membaca isi pesan tersbut.

Jangan khawatir Anda tetap bisa membaca pesan tersebut tanpa diketahui oleh pengirim. Sebab status online atau waktu terakhir kali dilihat (last seen) pada akun WhatsApp Anda tidak akan berubah dengan menggunakan fitur WhatsApp Widget.

Berikut ini cara memasang WhatsApp Widget pada tampilan layar home ponsel Anda:

  1. Keluar dari semua aplikasi pada ponsel dengan menekan tomboh “Home”
  2. Buat atau pilih layar yang akan dipasangi WhatsApp widget
  3. Tekan dan tahan beberapa waktu layar pada ruangan yang kosong untuk memunculkan opsi menu dari launcher
  4. Klik WhatsApp widget dan tarik ke layar yang diinginkan saat widget sudah ketemu
  5. Atur ukuran widget dengan cara mengetuk dan menahan agak lama widget hingga muncul broder yang dapat digeser-geser untuk menyesuaikan ukuran.
  6. Baca setiap pesan WhatsApp yang masuk akan tampil pada layar widget tersebut tanpa memunculkan tanda centang biru

Tanda centang biru pada WhatsApp menunjukan bahwa penerima telah membaca isi pesan. Sementara dengan menggunakan widget WhatsApp di home screen, pengguna Android dapat mengintip isi pesan WhatsApp yang baru masuk tanpa ketahuan.


Bagaimana Cara Memasang WhatsApp Chat Widget di Website?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, WhatsApp widget memiliki beberapa manfaat yang penting bagi pertumbuhan sebuah bisnis. Manfaat tersebut dapat dengan mudah Anda gunakan pada situs website Anda.

Lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar untuk setiap langkah yang telah kami sediakan di bawah ini.

Step 1. Login ke situs WordPress Anda

wordpress-login-scripts

Step 2. Pilih “Plugins”, kemudian pilih “Add new

add-plugins-scripts-for-whatsapp-chat-widget

Step 3. Cari plugin berjudul “Header and Footer Scripts

header-and-footer-scripts-for-whatsapp-chat-widget

Step 4. Klik “Install Now” dan aktifkan plugin

login-scripts-for-WA

Step 5. Pilih “Setting”, kemudian pilih “Header and Footer Scripts

setting-for-whatsapp-chat-widget-1

Step 6. Tempelkan pixel script dari penyedia WhatsApp web widget pada kotak “Scripts in header

pixel-scripts-for-whatsapp-chat-widget

Step 7. Terakhir tekan “Save”. WhatsApp WordPress Anda siap digunakan!

save-pixel-scripts-for-whatsapp-chat-widget

Selain tahapan di atas, Anda juga dapat menggunakan cara manual sederhana untuk memasang WhatsApp chat berbentuk link pada website Anda. Dengan begitu, pengunjung yang memiliki aplikasi WhatsApp pada ponsel atau komputernya akan langsung dialihkan ke WhatsApp secara otomatis. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengedit link di bawah ini kemudian menempelkannya pada bagian footer di website atau WordPress Anda.

<a title=”Hubungi Kami via WhatsApp” rel=”nofollow” href=”https://api.whatsapp.com/send?phone=628123456789&text=Halo admin, saya ingin bertanya sesuatu.”><b>Hubungi Kami via WhatsApp</b></a>

Keterangan: tulisan berwarna merah (nomor WhatsApp Anda) dan tulisan berwarna hijau (kalimat sapaan pengunjung kepada pengguna nantinya).

Anda dapat mengkombinasikan dengan kode CSS dan gambar atau logo WhatsApp sesuai yang diinginkan agar tampilan tombolnya lebih menarik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Baca Juga: Integrasi WhatsApp Omnichannel


6 Pilihan Penyedia WhatsApp Chat Widget / Plugin Chat Terbaik

Ada banyak penyedia WhatsApp web widget yang dapat Anda pilih. Pastikan Anda memilih penyedia yang menawarkan chat widget yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda, seperti: mudah diperoleh, mudah digunakan, dapat meningkatkan kualitas customer service, serta meningkatkan penjualan, dan sebagainya.

Beberapa penyedia WhatsApp widget tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mekari Qontak

Mekari Qontak adalah penyedia WhatsApp widget terbaik untuk bisnis memberikan layanan pelanggan selama 24/7 hari. Sebab WhatsApp chat Qontak didukung oleh chatbot yang akan membalas pesan pelanggan secara otomatis. Qontak juga didukung dasboard report untuk mengukur produktivitas dengan matriks KPI, menyelesaikan percakapan, meningkatkan produktivitas, mempercepat closing deal dan banyak lagi.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Berikut fitur-fitur canggih yang dimiliki Qontak dengan harga terjangkau atau mencoba secara gratis selama 14 hari:

  • Omnichannel yang menghubungkan WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telepon, Email dan lainya dalam satu platform terpadu
  • Perutean Agen untuk mengarahkan pesan ke agen secara otomatis sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Dashboard pelaporan canggih untuk mengukur produktivitas dengan metrik KPI, menyelesaikan percakapan dan banyak lagi
  • Integrasi ChatBot yang memudahkan membuat obrolan FAQ, mengotomatiskan tanggapan dan memfasilitasi perdagangan.

Tonton video dibawah ini untuk memasang Widget Chat Qontak:

2. Elfsight WhatsApp Chat

Penyedia WhatsApp chat widget ini telah melayani ratusan ribu pelanggan dimana 97% merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Selain itu, hanya diperlukan waktu singkat untuk memperoleh chat widget tersebut. Elfisight juga mengklaim bahwa mereka menyediakan 99,9% website support bagi penggunanya.

3. GetButton

GetButton menawarkan chat widget gratis dan berbayar dengan fitur yang berbeda. Cara untuk memasangnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengisi dan mengatur beberapa informasi penting kemudian mengunduh script nya untuk kemudian ditempelkan pada plugin di situs web Anda.

4. Widgetwhats

Tercatat telah ada belasan ribu perusahaan yang menggunakan WhatsApp di WordPress dari Widgetwhats. Selain WordPress, chat widget mereka dapat juga digunakan pada platform dan CMS lain. Mereka menawarkan fitur premium berbayar dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Widgetsquad

Dengan WhatsApp WordPress dari Widgetsquad, Anda hanya memerlukan beberapa menit untuk menyiapkannya. Caranya sangat mudah, gratis, dan tidak memerlukan keahlian coding khusus. Anda dapat mengikuti tutorial yang mereka sediakan.

Baca Juga: 5 Web Chat Application Terbaik untuk Website Anda


Pilih WhatsApp Chat Widget Terbaik Sekarang!

Qontak

WhatsApp chat widget merupakan cara tercepat pelanggan untuk menghubungi bisnis secara langsung. Maka dari itu, banyak bisnis saat ini menyediakan WhatsApp widget untuk menjaring calon pelanggan baru. Dari ulasan diatas, Anda mempelajari cara menambahkan WhatsApp widget dan 5 pilihan penyedia WhatsApp chat widget terbaik.

Tidak peduli penyedia WhatsApp web widget mana yang Anda gunakan atau pilih, namun yang pasti Anda tetap membutuhkan WhatsApp API untuk bisnis Anda. WhatsApp API terbaik di Indonesia dapat diperoleh melalui Mekati Qontak.

Qontak juga menyediakan integrasi antara Chatbot WhatsApp dan Omnichannel CRM yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi bisnis Anda. Omnichannel CRM menjadi penyempurna semua strategi bisnis Anda, karena sistem tersebut dapat diintegrasikan dengan berbagai saluran serta menyediakan sistem otomatisasi yang akan membuat pekerjaan Anda dapat dikelola dengan lebih baik, mudah, dan efisien. Semua ini dilakukan untuk menghindari manajemen CS yang buruk.

Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

By