Qontak WhatsApp

13 WhatsApp Marketing Tools Terbaik Tahun 2022

WhatsApp Marketing Tools Terbaik untuk Bisnis

WhatsApp marketing tools mulai banyak bermunculan seiring semakin populernya Aplikasi WhatsApp sebagai alat komunikasi dalam dunia bisnis. Para pelaku bisnis menyadari bahwa untuk melakukan pemasaran di WhatsApp tidak mudah tanpa bantuan sebuah tools WA.

Pasalnya beberapa tools marketing memiliki kemampuan mengotomatiskan pesan balasan, mengirimkan pesan broadcast dan banyak lagi. Kemampuan tersebut tentu menguntungkan bagi bisnis terutama untuk menjangkau pelanggan lebih luas, tanpa mengabaikan pelanggan yang ada dengan tetap memberikan jawaban cepat.

Tools marketing WhatsApp terbaik hanya bisa Anda peroleh dari WhatsApp Business API. Misalnya tools broadcast WhatsApp API yang membebaskan Anda untuk menyebarkan pesan promosi ke banyak nomor tanpa takut diblokir WhatsApp. Selain itu, masih banyak tools marketing lainnya yang akan membantu bisnis Anda memberikan layanan pelanggan lebih baik.

13 WhatsApp Marketing Tools yang wajib dimiliki oleh bisnis adalah

  1. WhatsApp Bulk Sender / WhatsApp Blast
  2. WhatsApp Chat Panel
  3. ChatBot
  4. Auto Reply / Auto Responder
  5. Memantau Sistem Pengiriman
  6. Personalisasi Pesan
  7. Pengiriman Terjadwal
  8. Penyimpanan Kontak Otomatis
  9. Filter Nomor Aktif
  10. Rotator
  11. Laporan Statistik pesan
  12. Messaging tools
  13. WhatsApp Integration

Ingin-Coba-API-WhatsAp-fot marketing tools


Apa itu WhatsApp Marketing Tools?

WhatsApp marketing tools adalah tools yang digunakan bisnis untuk mempermudah kegiatan pemasaran melalui platform WhatsApp. Pemilik bisnis memanfaatkan WA marketing untuk menarik prospek sebanyak untuk berinteraksi melalui WhatsApp mereka. Dengan demikian, mereka dapat menjalankan strategi penjualan dengan lebih optimal, sehingga akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Salah satu tools WA marketing yang paling sering digunakan adalah broadcast. Tools ini dapat membantu bisnis menyebarkan pesan promosi ke banyak kontak pelanggan sekaligus. Hal ini cukup efektif dibandingkan metode promosi lainnya.


Apa saja Manfaat Menggunakan WhatsApp Marketing Tools?

Tingginya minat pelaku bisnis dalam menggunakan WhatsApp marketing tools menunjukkan bahwa terdapat banyak manfaat yang dapat mereka peroleh dari pemakaian WhatsApp robot marketing ini. Berikut adalah manfaat yang dapat Anda peroleh jika menggunakan tools WA marketing:

– Menarik prospek lebih banyak ke akun WhatsApp bisnis

Memiliki banyak prospek merupakan sebuah tujuan awal yang utama dalam menjalankan bisnis melalui WhatsApp marketing.

Anda dapat memanfaatkan tools broadcast WhatsApp untuk mengirimkan pesan promosi ke banyak kontak sekaligus. Hal ini membuka peluang bisnis Anda untuk mendapatkan prosepek sebanyak-banyaknya.

– Mempermudah segmentasi pelanggan

Dengan banyaknya prospek yang Anda miliki, maka Anda dapat melakukan segmentasi prospek potensial yang dapat dikonversi. Sehingga nantinya dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda, yang artinya lebih banyak keuntungan yang dapat diraup.

– Memaksimalkan komunikasi dan interaksi dengan calon pelanggan

Anda dapat memaksimalkan penggunaan WA marketing sebagai media komunikasi dan interkasi dalam bisnis Anda. Dengan demikian, strategi dan kampanye pemasaran Anda akan memiliki hasil yang mengesankan.

Saya Mau Coba GratisWhatsApp Marketing Tools Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!


Apa Peran WhatsApp Marketing dalam Meningkatkan Bisnis?

Sebagai pelaku bisnis, melakukan promosi sangat penting untuk meningkatkan penjualan produk. WhatsApp marketing ternyata berperan dalam menarik pelanggan. Salah satunya adalah menggunakan tools broadcast WhatsApp untuk menarik pelangan melalu pesan promosi.

Berikut ini beberapa peran WA marketing untuk meningkatkan bisnis adalah:

– Menarik Banyak Pelanggan

WhatsApp memudahkan pelanggan yang ingin berinteraksi dengan bisnis Anda. Begitu juga Anda juga bisa lebih dekat dengan pelanggan. Termasuk untuk memasarkan produk akan lebih mudah dan efisien.

– Membuat grup yang memudahkan pemasaran

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membuat grup berisi 100 orang. Grup tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengebarkan promosi atau informasi penting lainnya langsung ke pelanggan.

Selain grup berisi pelanggan, Anda juga dapat membuat grup WA marketing berisi reseller. Hal ini memudahkan Anda menyebarkan informasi promosi terbaru ke reseller yang membantu menjualkan produk supaya lebih terkontrol.

– Meningkatkan keterlibatan pelanggan

Dengan WhatsApp marketing tools, Anda dapat memaksimalkan keterlibatan pelanggan dalam kampanye pemasaran Anda. Di mana tingginya tingkat keterlibatan pelanggan juga akan mempengaruhi tingginya minat pelanggan terhadap produk atau layanan Anda.

Akibatnya, Anda dapat mengonversi lebih banyak calon pelanggan potensial dan memperoleh hasil pemasaran yang memuaskan.


13 WhatsApp Marketing Tools yang Wajib Digunakan pada Bisnis atau Toko Online

Setelah membahas manfaat dari WhatsApp marketing tools, sekarang kita wajib mengetahui WA marketing mana saja yang wajib atau sangat direkomendasikan untuk digunakan pada bisnis atau toko online, diantaranya:

1. WhatsApp Bulk Sender / WhatsApp Blast

Dengan tools WA marketing ini, Anda dapat mengirimkan pesan pemasaran ke banyak kontak walaupun kontak tersebut belum menyimpan nomor Anda.

Selain itu, tidak ada batasan jumlah kontak yang bisa dikirimkan pesan. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan siaran ke banyak kontak sekaligus.

Whatsapp-marketing-blast

2. WhatsApp Chat Panel

Melalui chat panel, Anda dapat memantau semua aktivitas pemasaran yang Anda lakukan di akun WhatsApp Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui seberapa sukses pemasaran yang Anda lakukan.

whatsapp-marketing-tools-chat-panel

3. WhatsApp ChatBot

Chatbot pada WhatsApp marketing memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk atau layanan Anda secara otomatis. Chatbot mampu menjawab pertanyaan pelanggan terkait produk dan layanan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan templat pesan untuk membuat jawaban yang berisikan rekomendasi produk atau layanan guna meningkatkan pemasaran Anda.

whatsapp-marketing-tools-chatbot

4. Auto Reply / Auto Responder

Tools WA marketing yang ini juga penting bagi bisnis Anda, terutama untuk menjawab keingintahuan pelanggan tentang produk atau layanan yang Anda pasarkan.

Dalam hal ini, Anda dapat mengirimkan tanggapan atau jawaban secara otomatis kepada pelanggan Anda kapanpun mereka mengirimkan pesan atau menghubungi Anda.

whatsapp-marketing-tools-autoresponder

5. Memantau Sistem Pengiriman

Mengetahui seberapa berhasil pemasaran yang dilakukan sangat penting untuk membantu meningkatkan strategi pemasaran di masa mendatang. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan dashboard report WA marketing.

Dashboard ini dapat membantu Anda untuk memantau status pesan-pesan pemasaran yang Anda kirimkan ke prospek maupun pelanggan. Apakah pesan tersebut berhasil dikirim dan diterima oleh pelanggan, atau malah sebaliknya.

whatsapp-marketing-tools-report

6. Personalisasi Pesan

Ini merupakan tools WA marketing yang banyak disukai oleh para pebisnis. Mengingat, prospek atau pelanggan akan lebih menyukai dan menghargai pesan pemasaran yang dibuat secara personal.

Anda dapat mengirimkan pesan secara personal dengan menyebutkan nama prospek atau pelanggan Anda secara otomatis.

WhatsApp-Marketing-Tools-Personalisasi-pesan

7. Pengiriman Terjadwal

Banyaknya pekerjaan yang dilakukan mungkin dapat membuat Anda kerepotan dan bahkan membuat Anda lupa untuk mengirimkan pesan pemasaran kepada pelanggan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah tersebut jika Anda menggunakan tools WhatsApp marketing yang satu ini, yaitu fitur pengiriman terjadwal.

Dengan tool ini Anda dapat mengirim pesan yang dapat Anda atur waktu terkirimnya secara mudah. Jadi, tidak ada lagi pesan yang lupa dikirim!

Whatsapp-marketing-tools-pengiriman-terjadwal

8. Penyimpanan Kontak Otomatis

Penggunaan alat penyimpanan kontak otomatis dapat membantu Anda untuk melakukan export dan import list kontak untuk setiap kontak WhatsApp yang perlu Anda kirimi pesan pemasaran secara mudah.

Anda dapat menyimpan kontak prospek atau pelanggan secara mudah dengan menggunakan format xls, txt, atau cvs saat melakukan export atau import list kontak.

WhatsApp-Marketing-Tools-Saving-Contact

9. Filter Nomor Aktif

Mengirimkan pesan pemasaran ke nomor yang tidak aktif sangatlah tidak efektif untuk pemasaran Anda. Untuk itu, Anda perlu menggunakan alat yang mampu memfilter nomor-nomor kontak mana saja yang masih aktif sebelum melakukan pemasaran di WhatsApp.

Anda dapat memverifikasi nomor-nomor kontak yang Anda dapatkan (hasil generate) dengan cara memisahkan nomor yang menggunakan WhatsApp atau tidak.

WhatsApp-Marketing-Tools-Contact-filter

10. Rotator

Tools ini mampu memaksimalkan hasil pemasaran Anda dengan meneruskan pesan WhatsApp dari pelanggan secara otomatis dan adil ke tim support seperti yang telah diatur. Hal ini untuk menghindari penumpukan pelanggan dan permasalahan pelanggan yang tidak terselesaikan.

Agen-Rotating

11. Laporan Statistik pesan

Marketing tools ini dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan statistik terkait hasil interaksi bisnis dengan pelanggan pada WhatsApp atas pemasaran yang Anda lakukan.

Selain itu, laporan ini juga dapat langsung Anda unduh dalam bentuk doc atau excel. Hal ini tentu akan memudahkan Anda menganalisa seberapa efektif pemasaran yang Anda lakukan melalui WhatsApp.

Berikut laporan yang bisa Anda dapatkan adalah:

  • Laporan jumlah pesan terkirim
  • Report pesan diterima
  • Laporan jumlah pesan dibaca
  • Laporan jumlah pesan masuk

ilustrasi Laporan Statistik pesan

12. Messaging tools

Massaging tools yang dimaksud di sini adalah kemampuan sistem WhatsApp untuk secara otomatis mengirimkan pesan ke pada pelanggan. Dimulai dengan pesan saapaan (greeting message) saat pelanggan terhubung dengan akun WhatsApp Anda.

Kemudian juga ada Away Message yang otomatis akan terkirim saat tidak ada agen yang tersedia untuk merespon atau diluar jam kerja. Terakhir ada juga Quick replies yang memberikan jawaban otomatis dalam hitungan detik.

Semua messaging tools tersebut dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan pemasaran Anda, karena pemasaran tidak hanya tentang mengirimkan informasi atau pesan promosi kepada target audiens, tetapi juga bagaimana Anda dapat melayani pelanggan dengan sebaik mungkin.

Ketika pelanggan puas dengan pelayanan Anda, maka mereka akan secara otomatis melakukan pemasarand dari mulut ke mulut untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Messaging tools

13. WhatsApp Integration

Tools ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan dari berbagai saluran seperti media sosial untuk melakukan percakapan di WhatsApp. Hal ini tentu akan sangat membantu kampanye pemasaran Anda, sebab sebagian besar pelanggan lebih menyaman berbicang melalui WhatsApp.

Caranya juga mudah, Anda hanya perlu memuat link WhatsApp pada media sosial.

bot-Instagram-API-Integrasi-dengan-Aplikasi-Lain

Rekomendasi Artikel: Manfaat API WhatsApp Link untuk Bisnis Online


Tips Menggunakan WhatsApp Marketing Tools yang Efektif

WhatsApp marketing tools memudahkan bisnis dalam memasarkan dan menjual produknya pada platform WA. Namun tidak selamanya menggunakan WA marketing berjalan mulus. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan tips penggunaan WA marketing tools dibawah ini:

– Manfaatkan WhatsApp marketing tools untuk mengumpulkan kontak pelanggan

Tanpa mengetahui kontak pelanggan, Anda akan kesulitan untuk mengirimkan pesan promosi. Manfaatkan tools WA marketing untuk mengumpulkan kontak pelanggan secara otomatis.

Integrasi WhatsApp API memudahkan Anda mengumpulkan kontak pelanggan dari sosial media seperti Instagram, Twitter, atau Facebook. Setelah mendapatkan kontak mereka. Jangan lupa follow up untuk memasarkan produk Anda.

– Ciptakan persona merek yang estetik

Buatlah persona merek yang menarik dan berbeda dengan kompetitor sangatlah penting. Terpenting persona tersebut haruslah sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Cara ini akan membantu bisnis dalam membangun kepercayaan dan akan menghasilkan keuntungan lebih.

– Maksimalkan target pasar

Memaksimalkan penggunaan WA marketing untuk “menjerat” target pasar yang telah Anda tentukan sebelumnya. Mulailah dengan menambahkan kotak yang sudah pelanggan tetap.

Kemudian kelompokkan mereka ke dalam beberapa kategori seperti usia, loyalitas dan sebagainnya. Kelolalah mereka berdasarkan kebutuhan mereka dan lakukan evaluasi, mana pelanggan yang aktif berbelanja dan mana yang perlu hubungi kembali untuk follow-up.

– Kirim Blast kepada calon pelanggan secara berkala

Cara efektif mengirimkan pesan massal ke banyak orang sekaligus adalah dengan fitur blast . Kirimkan pesan blast yang berisi promosi, hadiah, gratis, dan lain-lain kepada pelanggan.

Kirimkan pesan WA marketing ini secara rutin melalui tools broadcast WhatsApp blast, tapi jangan setiap hari, beri jeda selama 2 kali dalam seminggu.

– Jangan lakukan promosi secara berlebihan

Seringkali bisnis salah persepsi menganggap tools broadcast WhatsApp sebagai media promosi yang dapat digunakan seenaknya. Namun dalam etika bisnis, promosi yang berlebihan justru akan menimbulkan blunder bagi pengusaha sendiri. Sebab dapat membuat pelanggan terganggu dan akhirnya kehilangan selera untuk berbisnis dengan Anda.

Bahkan pihak WhatsApp akan memblokir akun WA yang dianggap spam atau mengganggu pengguna lainnya. Oleh karena itu, Anda harus bijak kapan harus menyebarkan promosi, dan kapan hanya membagikan tips yang mengundang pelanggan untuk berkomentar.


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Marketing Tools?

Semua WhatsApp marketing tools  hanya bisa didapatkan melalui WhatsApp Business API.

Walaupun tujuan diciptakannya sama-sama untuk bisnis, namun WhatsApp Business API tidaklah sama dengan WhatsApp Business biasa. WhatsApp Business biasa dapat diunduh secara gratis di Playstore, namun WhatsApp Business API hanya bisa diperoleh melalui Official Partner (rekanan resmi) WhatsApp di negara masing-masing. Untuk di Indonesia, Mekari Qontak adalah salah satunya yang terbaik.

Selain itu, untuk memiliki WhatsApp Business API, sebuah bisnis harus memenuhi persyaratan yang diberikan, seperti: memiliki dokumen resmi yang lengkap, bergerak dalam bisnis yang menjual barang legal, serta persyaratan lainnya yang dapat Anda baca disini.

Ada banyak kelebihan atau manfaat yang dapat Anda peroleh dari WhatsApp Business API, salah satunya adanya centang hijau yang merupakan tanda bahwa akun bisnis Anda telah terverifikasi. Tools broadcast WhatsApp juga memudahkan Anda untuk menyebarkan pesan promosi tanpa batas.

Saya Mau Coba GratisWhatsApp Marketing Tools Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!

Baca Juga: Bagaimana Memilih WhatsApp Partner Terbaik di Indonesia dan WhatsApp API Indonesia


Dapatkan WhatsApp Marketing Tools Sekarang!

WhatsApp API Qontak by Mekari

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, WhatsApp Marketing tools terbaik hanya bisa didapatkan dari WhatsApp Business API. Dengan beralih menggunakan WhatsApp API, Anda akan secara otomatis memiliki semua tools maketing yang disebutkan diatas.

Sementara itu, untuk memiliki WhatsApp Business API, Anda harus mendaftarkan diri ke Business Partener Solution (BSP) seperi Mekari Qontak. Selanjutnya, BSP Qontak akan membantu Anda untuk melakukan verifikasi ke pihak Meta. Setelah itu, Anda akan mendapatkan semua tools marketing terbaik dan tanda centang hijau yang menunjukan akun WhatsApp Anda telah diverifikasi.

Selain itu, Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahannya. Bahkan Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jika Anda tertarik untuk memiliki WhatsApp API yang memuat semua WhatsApp marketing tools seperti tools broadcast WhatsApp, tim Qontak selalu siap untuk membantu Anda. Klik di sini jika Anda ingin berkonsultasi dulu dengan tim kami. Atau Anda juga bisa langsung mencobanya GRATIS sekarang juga!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By