Qontak WhatsApp

Panduan Memilih Whatsapp Partner Indonesia Terbaik

Panduan Memilih Whatsapp Partner Indonesia Terbaik

Ingin mengembangkan bisnis Anda dengan Whatsapp API? Pilihlah Whatsapp Partner Indonesia yang tepat!

Whatsapp memungkinkan bisnis untuk terhubung ke pelanggan dengan mudah, aman, dan terpercaya. Namun untuk bisnis berskala menengah-besar, penggunaan aplikasi WhatsApp biasa (Messeger) tidak cukup. Mereka perlu bermitra dengan WhatsApp Partner Indonesia untuk memiliki WhatsApp Business API, sehingga bisa menangani banyak pelanggan dengan cepat.

Whatsapp Business API merupakan salah satu cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Salah satu kelebihan yang paling banyak dicari adalah memiliki Whatsapp Business banyak admin serta otomatisasi penyimpanan data dan pengiriman pesan. Selain itu, ada juga chatbot yang berperan sebagai asisten virtual membalas pesan otomatis dan centang hijau berguna meningkatkan kredibilitas bisnis.

Namun sebelum itu semua, Anda perlu memilih Whatsapp partner Indonesia untuk WhatsApp Business API terbaik. Pasalnya sebagian WhatsApp provider memiliki beberapa keterbatasan dan biaya tersembuyi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana cara memilih WhatsApp API Partner terbaik di Indonesia seperti pada artikel di bawah ini.

Image CTA API WhatsApp

Bekerja sama dengan Whatsapp Partner Indonesia

Whatsapp API merupakan versi khusus yang dikeluarkan oleh Whatsapp untuk memberikan pengalaman berkualitas tinggi, baik bagi pelaku bisnis maupun penggunanya. Versi ini dikeluarkan hanya untuk khalayak terbatas dan memiliki banyak fitur dan manfaat bagi bisnis yang tidak dapat dimiliki dengan Whatsapp Business biasa, di antaranya Whatsapp multiple device dan integrasi dengan sistem lain.

Menggunakan API Whatsapp Business merupakan pilihan yang tepat bagi bisnis untuk terhubung dengan pelanggan, terutama di tengah masa pandemi yang masih belum berakhir ini. Cara membuat API Whatsapp tidaklah sulit. Jika tertarik untuk masuk ke pasar dengan API Whatsapp, Anda perlu bekerja sama dengan Official WhatsApp Partner sebagai penyedia solusi bisnis Whatsapp  atau WhatsApp Provider.

WhatsApp Business Partner merupakan penyedia solusi pihak ketiga yang mampu memberikan layanan Whatsapp Business API kepada bisnis. Official WhatsApp Partner akan membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan, misalnya untuk customer support dan notifikasi personal. Bagaimana pun, membangun Whatsapp untuk customer service sudah menjadi hal wajib bagi bisnis saat ini.

Sebagai pihak ketiga, Whatsapp partner Indonesia menawarkan layanan pada platform Whatsapp seperti pesan otomatis dan dalam jumlah besar (blast message) yang bisa didapatkan dengan Whatsapp biasa. Hal tersebut tentunya dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagaimana memilih Whatsapp partner Indonesia yang tepat?

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan Whatsapp API, memilih partner yang tepat merupakan hal yang penting. Terdapat beberapa kriteria yang dapat dipertimbangkan dalam memilih WhatsApp Provider yang tepat. Apa saja kriteria tersebut?

1. Ketahui Apa saja fitur yang dibutuhkan

Memiliki akun Whatsapp Business bukan berarti Anda mendapatkan akses terhadap seluruh fitur yang dimilikinya. Partner resmi dapat memilih fitur mana saja yang menurut mereka penting. Pastikan bahwa penyedia yang dipilih dapat mendukung fitur Whatsapp yang Anda butuhkan.

Salah satu fitur yang cukup penting adalah fitur laporan dan analitik. Fitur ini penting bagi perusahaan untuk mengukur bagaimana kinerja tim yang menggunakan Whatsapp. Biasanya fitur ini digunakan untuk melihat kinerja tim customer service dalam menangani pelanggan, seperti jumlah percakapan yang dilakukan, rata-rata waktu respon pertama, dan lain sebagainya.

feature-report-and-analytic-WhatsApp Partner Indonesia

2. Bagaimana integrasi Whatsapp Anda?

Sebelum menentukan partner yang sesuai, pertimbangkan bagaimana rencana integrasi Whatsapp Anda. Apakah Anda ingin mengintegrasikannya dengan sistem yang sudah ada? Jika ya, apa saja sistem yang ingin diintegrasi? Atau mungkin Anda ingin platform yang terpisah untuk Whatsapp?

Untuk memiliki sebuah sistem layanan pelanggan yang terpadu, sebaiknya berbagai sistem yang ada di perusahaan saling terintegrasi membentuk sebuah omnichannel customer service. Qontak sebagai salah satu Whatsapp partner Indonesia resmi menyediakan Whatsapp Omnichannel, yaitu integrasi yang fleksibel dengan API yang siap diintegrasikan dengan platform manapun, mulai dari sistem CRM, contact center, hingga aplikasi ticketing. Integrasi tersebut mempermudah perusahaan untuk mengelola seluruh percakapan yang masuk dalam satu tampilan dashboard.

feature-channel-integrations-whatsapp partner indonesia

3. Apakah partner mengakomodasi layanan chatbot?

Penggunaan chatbot semakin meningkat dalam memberikan customer experience yang lebih efisien dengan biaya operasional yang lebih rendah. Chatbot Whatsapp memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah memberikan layanan pelanggan yang cepat dan tersedia setiap saat selama 24/7.

Jika Anda mempertimbangkan penggunaan chatbot, carilah partner yang dapat mengakomodasinya seperti Qontak. Fitur ini dapat disediakan sendiri oleh provider Whatsapp API, bekerja sama dengan pihak lain, maupun melalui integrasi pre-built.

Personalisasi-WhatsApp-Chatbot

4. Apakah penetapan harganya transparan?

Perhatikan dengan cermat bagaimana penetapan harga yang ditawarkan oleh provider. Jangan tergoda dengan harga murah yang ditawarkan namun ternyata ada biaya tambahan tidak terduga di kemudian hari. Sebaiknya pilihlah provider yang telah mencakup seluruhnya, mulai dari biaya pemasangan, hosting, maintenance, dan layanan lainnya. Pastikan tidak ada biaya tersembunyi yang membuat pengeluaran Anda membengkak tiba-tiba.

Harga-WhatsApp-Business-Platform-Qontak

Pelajari selengkapnya, baca: Catat! Inilah Harga (Pricing) WhatsApp Business API!

5. Seberapa cepat onboarding Whatsapp dilakukan?

Banyak perusahaan yang memerlukan onboarding dengan cepat untuk dapat memulai Whatsapp dalam waktu dekat. Mengatur akun Whatsapp Business seharusnya tidak terlalu rumit dan memakan waktu lama.

Qontak menawarkan onboarding dengan cepat kapan pun dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan melalui konsultasi dan panduan secara bertahap yang disediakan oleh para konsultan senior.

Memilih Whatsapp partner Indonesia terbaik

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Memilih Official WhatsApp Partner sangat menentukan bagaimana kelancaran perusahaan Anda dalam menggunakan Whatsapp Business API. Pastikan WhatsApp provider yang dipilih bersikap responsif dan mampu memberikan solusi terhadap bisnis Anda secara efisien dan tepat.

Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end yang terdiri dari Whatsapp API dan solusi omnichannel lainnya yang terhubung dengan sistem CRM. Qontak telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda.

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau COBA GRATIS dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

By