Qontak WhatsApp

Tutorial Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp, Anti Gagal!

Cara Mudah Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp, Anti Gagal!

Apakah Anda pernah melihat centang hijau di akun WhatsApp Bisnis? Centang hijau (verified badge) pada WhatsApp menunjukan bahwa akun tersebut telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis.

Oleh karena itu, tanda centang hijau pada WhatsApp ini mampu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas pelanggan. Maka tidak heran apabila banyak bisnis yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara untuk mendapatkan simbol verified tersebut di WhatsApp. Mungkin Anda salah satunya?

Jika iya, jangan khawatir! Pada artikel ini akan membahas tentang apa itu WhatsApp verified badge dan tutorial bagaimana mendapatkan WhatsApp centang hijau yang anti gagal. Yuk, simak selengkapnya dibawah ini!

Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp:

  1. Siapkan Nomor untuk Akun WhatsApp
  2. Daftarkan Nomor Tersebut ke Mitra Resmi WhatsApp, Mekari Qontak
  3. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager
  4. Tunggu Centang Hijau Muncul Pada Akun WhatsApp Bisnis Anda

Ingin mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp


Apa itu Tanda Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp?

Contoh Akun Resmi dengan Tanda Centang Hijau

Verified badge atau centang hijau WhatsApp adalah simbol yang menandai bahwa akun WhatsApp Bisnis Anda telah terverifikasi secara resmi. Dengan mendapatkan tanda centang hijau, bisnis dapat meningkatkan kredibilitas serta meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Untuk mendapatkan simbol ini, Anda harus melalui proses verifikasi WhatsApp dengan mengubah akun bisnis menjadi WhatsApp Business API . Proses ini bisa dibantu Business Solution Partner sebagai mitra resmi WhatsApp API.

Setelah itu, simbol verified badge akan terlihat di samping nama bisnis Anda pada layar akun penerima pesan WhatsApp, meskipun mereka tidak menyimpan nomor Anda. Hal ini tentu dapat membantu bisnis Anda dalam meraih lebih banyak pelanggan.


Keuntungan Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Selain dapat dapat membantu verifikasi kepemilikan akun bisnis, tanda centang hijau juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut manfaat mendapatkan tanda centang hijau (verified badge) WhatsApp:

  1. Membangun kredibilitas dengan biaya murah, karena akun WhatsApp resmi bisnis (Official Business Account) yang sudah terverifikasi dan memiliki centang hijau akan lebih dipercaya oleh pelanggan atau rekan bisnis.
  2. Meningkatkan penjualan dengan WhatsApp centang hijau yang bisa mengurangi keraguan pelanggan atau rekan bisnis untuk bertransaksi online.
  3. Pengenalan nama usaha atau branding secara gratis, sebab saat berkirim pesan atau berkomunikasi, nama bisnis Anda akan otomatis muncul di layar obrolan penerima pesan.
  4. Memiliki WhatsApp verified badge akan memudahkan Anda untuk mengatur CRM, karena WA centang hijau Anda bisa tersambung dengan aplikasi CRM.

Syarat Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memiliki tanda centang hijau di akun WhatsApp. Berikut syarat-syarat mendapatkan tanda centang hijau di WhatsApp yang perlu Anda ketahui:

1. Siapkan Dokumen SIUP dan NPWP

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah dokumen yang harus Anda siapkan jika ingin mendapatkan centang hijau di WhatsApp. Dokumen tersebut memudahkan WhatsApp melakukan verifikasi bahwa bisnis Anda terbukti legalitasnya. Jadi mereka tidak ragu untuk memberikan centang hijau pada WhatsApp verified Anda.

Ada beberapa jenis bisnis yang tidak bisa mendapatkan centang hijau meskipun memiliki dokumen lengkap. Hal ini dikarenakan melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh pihak WhatsApp. Bisnis yang yang dialarang adalah yang berjualan produk-produk berikut ini:

  • Drugs
  • Tobacco Items
  • Gambling Businesses
  • Alcohol Brands
  • Weapons & Ammunition Businesses
  • Live Animals
  • Adult Product/Services
  • Medical & Healthcare Products
  • Dating Services
  • Cryptocurrencies

2. Memiliki ID Facebook Business Manager

Sebelum pihak WhatsApp melakukan proses verifikasi bisnis, Anda harus memiliki akun atau ID di Facebook Business Manager terlebih dahulu. Pada Facebook Business Manager, Anda bisa masuk menggunakan akun pribadi. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuatnya ulang. Selanjutnya, Anda bisa mengisikan informasi yang diminta.

Jika kedua syarat tersebut sudah Anda lengkapi, maka Anda bisa mengajukan akun WA Anda menjadi WhatsApp Busiess API sebelum mendapatkan centang hijau dari Facebook.

3. Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Dengan Verifikasi 2 Langkah (juga dikenal sebagai autentikasi dua faktor), Anda menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun Anda. Fitur keamanan akun online ini membutuhkan verifikasi identitas sebanyak 2 kali untuk masuk. Hal ini guna menghindari akun Anda dicuri atau dimasuki oleh pihak tidak bertanggungjawab.

Contoh autentikasi dua faktor misalnya jika Anda ingin melakukan log in pada akun Google, setelah memasukan password kombinasi biasanya anda akan diminta kembali untuk memasukan kode khusus yang dikirim melalui email atau SMS.

4. Anda Memiliki Usaha Cukup Terkenal atau Bereputasi Baik

Seperti yang dibahan sebelumnya, centang hijau di WA hanya diberikan pada bisnis resmi. Artinya bisnis Anda harus dikenal oleh publik atau bereputasi baik untuk mendapatkan simbol verified ini.

Agar menambah popularitas bisnis Anda, cobalah untuk memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya untuk melakukan promosi. Kombinasikan media tersebut dengan meningkatkan traffic penggunjung di Website Anda dan menaikan SEO dari brand atau merek Anda.

Saya Mau Coba Gratis Akun Demo WhatsApp API!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp?

Alur Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp di Mekari Qontak

Setelah Anda memenuhi persyaratan di atas, berikut cara mudah untuk mendapatkan tanda centang hijau di WhatsApp:

1. Siapkan Nomor untuk Akun WhatsApp

Siapkan Nomor Telepon untuk Mendaftar WhatsApp API

Pertama Anda perlu menyiapkan nomor yang akan digunakan untuk akun WhatsApp Business API. Nomor tersebut bisa berupa kontak baru atau nomor yang sudah Anda pakai sebelumnya. Pastikan nomor tersebut tidak digunakan untuk akun WhatsApp pribadi Anda.

Perlu dicatat nomor yang didaftarkan untuk akun WhatsAppp Business API harus selalu aktif. Pasalnya nomor ini tidak bisa Anda ganti dengan nomor lainnya.

2. Daftarkan Nomor Tersebut ke Mitra Resmi WhatsApp, Mekari Qontak

Daftar di Mekari Qontak untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp

Kedua, setelah Anda memilih nomor yang akan digunakan, daftarkan nomor tersebut ke Business Solution Partner Mekari Qontak. Selanjtunya Mekari Qontak akan akan mempersiapkan sistem atau platform WhatsApp Business API yang siap Anda gunakan.

Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan API WhatsApp Business dengan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel.

Dalam hal ini, Mekari Qontak mengerti bahwa kebutuhan, target, dan tujuan dari setiap perusahaan/bisnis dapat saja berbeda, oleh karenanya Mekari Qontak menyediakan berbagai fitur yang terintegrasi dengan verified WhatsApp Business API yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

3. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager

Contoh halaman Facebook Business Manager yang telah terverifikasi

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Anda cukup login menggunakan akun Facebook Messenger yang dimiliki.

Anda juga dapat meminta verifikasi dari Pengelola Bisnis Facebook dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Login ke akun Facebook Business Menager Anda dan klik “Business Settings”
  • Di bawah akun, pilih “WhatsApp Accounts”. Jika Anda memiliki beberapa akun yang terdaftar, pilih salah satu yang ingin Anda minta verifikasinya
  • Pilih “Settings” dan klik “Contact Support”
  • Klik “Ask a question” di kanan atas dan pilih “WABiz: Request official business account status”
  • Isi informasi yang diperlukan. Catatan: pastikan Anda telah menyiapkan 2-step authentication atau autentikasi dua faktor sebelum melanjutkan proses  verifikasi bisnis Anda.
  • Status permintaan akan tersedia di bawah opsi “Direct support” di Business Manager Anda.

4. Tunggu Tanda Centang Hijau Muncul Pada Akun WhatsApp Bisnis Anda

Contoh akun WhatsApp yang telah terverifikasi serta mendapatkan tanda centang hijau

Terakhir, jika permintaan verifikasi Anda disetujui, maka akun WhatsApp Business Anda akan otomatis berubah menjadi akun WhatsApp Official Business. Perubahan tersebut ditandai dengan munculnya tanda centang hijau terverifikasi yang tepat di samping gambar profil Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa rentang waktu setiap bisnis untuk mendapatkan centang hijau dapat berbeda-beda. Sebab, pihak WhatsApp memerlukan waktu untuk proses verifikasi.

Anda juga dapat pelajari selengkapnya mengenai cara mendapatkan tanda centang hijau (verified badge) di WhatsApp pada video dibawah ini:


Berapa Lama Proses Verifikasi Centang Hijau oleh WhatsApp?

Umumnya proses verifikasi centang hijau WhatsApp akan memakan waktu 1 hingga 2 hari kerja, namun tidak menutup kemungkinan dapat diberikan hingga satu minggu lebih atau yang terburuk adalah ditolak. Segala kebijakan pemberian tanda centang hijau adalah bergantung pada pihak WhatsApp.

Anda bisa meminta bantuan tim Mekari Qontak sebagai business solution partner (BSP), untuk mengecek atau mengajukan ulang permohonan verifikasi apabila ditolak.

Saya Mau Coba Gratis Akun Demo WhatsApp API!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Jika Tanda Centang Hijau Ditolak oleh WhatsApp?

Tidak adanya tanda centang hijau di akun Anda tidak membatasi Anda untuk menggunakan API WhatsApp Business. Anda dapat terus menggunakan API WhatsApp Business tanpa Centang Hijau serta memiliki akses ke semua fitur API WhatsApp lainnya seperti blast, chatbot, auto reply dan lainnya.

Baca juga: Inilah 5 Kelebihan WhatsApp Business


Dapatkan Centang Hijau WhatsApp (Verified Badge) Sekarang!

Dapatkan centang hijau WhatsApp di Mekari Qontak

Bagaimana? Cara mendapatkan WhatsApp centang hijau verified badge cukup mudah bukan? Namun perlu diingat bahwa tidak semua akun WhatsApp bisnis bisa dengan mudah mendapatkan centang hijau WA ini.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan layanan official business partner WhatsApp terbaik di Indonesia Mekari Qontak untuk mendapatkan akun verified WhatsApp bisnis.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan centang hijau WA, tidak perlu khawatir, karena tim Mekari Qontak siap membantu Anda. Jadi tunggu apa lagi?

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By