Qontak WhatsApp

Word of Mouth: 4 Strategi Menarik Konsumen

Strategi Marketing Word of Mouth

4 Strategi Word of Mouth untuk Menarik Minat Konsumen

Dari banyaknya strategi marketing, word of mouth marketing paling populer dan legendaris. Dimana word of marketing adalah pemasaran dari mulut, biasanya dilakukan oleh pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda. Jadi, secara tidak langsung orang tersebut membantu menyebarluaskan informasi terkait produk Anda dengan melakukan kegiatan word of mouth.

Meski cukup efektif menarik pembeli , banyak bisnis kurang memaksimalkan word of mouth marketing. Oleh karena itu, kami akan membahasnya secara lengkap untuk Anda. Termasuk strategi bagaimana memaksimalkan word of mouth untuk menarik minat para pelanggan. Semuanya akan diulas pada artikel ini.


Apa itu Word of Mouth?

Word of mouth adalah aktivitas sederhana membagikan informasi dari mulut ke mulut pada orang yang saling mengenal. Kegiatan ini kerap dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran efektif menarik minat pelanggan. Caranya dengan merekomendasikan suatu kepada rekan atau yang berada dalam satu kelompok.

Metode word of mouth marketing cukup efektif membangikitkan minat pelanggan, sebab informasi yang disampaikan berasal dari pengalaman orang dikenal. Bagi bisnis, metode marketing ini memberikan keuntungan berlipat karena bisa jadi promosi gratis. Metode marketing ini bermula dari seorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk barang, kemudian orang tersebut membicarakan dan memberikan pujian pada produk barang yang disukainya tersebut kepada orang lain. Bahkan, tak ragu untuk merekomendasikan produk tersebut pada orang terdekatnya.


Apa Manfaat Menggunakan Word of Mouth bagi Marketing Bisnis?

Word of mouth adalah menyebarluaskan informasi terkait produk tertentu secara tidak langsung. Hal ini tentu menguntungkan perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Manfaat yang didapatkan dari word of mouth marketing adalah sebagai berikut:

– Membangun citra bisnis

Setiap bisnis tentu membutuhkan sebuah citra atau brand yang ingin dibangun agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas. Word of mouth marketing cara tepat bagi suatu brand menjadi terlihat lebih terkenal dan terpercaya. Saat banyak orang percaya pada produk tersebut, maka brand dari produk tersebut akan lebih  dikenal oleh banyak orang secara otomatis.

– Media iklan informal gratis

Informasi yang disebarkan oleh seorang atau sekelompok masyarakat mengenai suatu brand perusahaan, akan mempengaruhi minat orang lain. Hal ini tentu saja menguntungkan dari segi promosi branding tanpa mengeluarkan biaya apapun. Berbeda dengan metode marketing yang membutuhkan biaya tertentu.

– Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Word of mouth mampu membangun kepercayaan konsumen terkait produk tertentu. Sebab, metode marketing biasanya dibagikan oleh konsumen yang merasa puas setelah menggunakan produk Anda. Dengan adanya kepuasan, mereka akan semakin percaya dengan produk dari brand Anda. Bahkan merekomendasikannya pada orang-orang disekitarnya. Pada akhirnya akan menyebar ke masyarakat lebih luas dan banyak orang percaya dengan produk dari brand Anda.

– Tidak dibatasi ruang dan waktu

Word of mouth tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Artinya metode marketing ini tidak perantara media dengan batasan waktu tertentu. Jadi kapanpun dan dimanapun, produk perusahaan berpeluang untuk terus diperbincangkan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Strategi Meningkatkan Word of Mouth?

Word of Mouth memiliki peran penting untuk branding perusahaan. Oleh karena itu, mau tidak mau perusahaan harus menampilkan performa terbaiknya kapanpun proses produksi berlanjut. Tujuannya agar mendapatkan ulasan positif dari masyarakat. Dengan demikian, diharapkan proses word of mouth marketing berjalan efektif.

Selain itu, ada 4 strategi meningkatkan word of mouth marketing adalah

1. Review dari konsumen

Word of Mouth Testimoni pelanggan

Salah satu yang mempengaruhi minat konsumen adalah adanya reviews terpercaya dan nyata, berupa testimoni dari orang-orang yang memang pernah menggunakan produk Anda. Selalu minta feedback dari konsumen Anda setelah Anda memberikan servis yang layak dan baik bagi nama brand Anda. Tampilkan ulasan baik dari mereka pada website atau sosial media toko online Anda. Sebab dilansir dari Marketing.co.id, bahwa hampir 9 dari 10 konsumen membaca ulasan online tentang bisnis. Dan 72% diantaranya menggunakan ulasan positif di internet untuk menentukan apakah sebuah bisnis dapat dipercaya atau tidak.

2. Postingan Konten Produk Menarik di Media Sosial

Word of Mouth upload sosmed

Anda tentu sudah tahu, berapa banyak trafik yang didatangkan oleh media sosial yang diakses dan digunakan hampir setiap detik oleh jutaan orang di berbagai bagian dunia. Dengan merancang konten yang dapat memicu terjadinya diskusi antar orang-orang yang ada di media sosial, otomatis nama brand bisnis Anda akan dikenal. Untuk menyambut trafik tersebut, bisnis Anda perlu memiliki platform dan keberadaan yang nyata dalam media sosial resmi. Sediakan sumber daya yang akan berperan sebagai penjawab dan persepon bagi konsumen yang sudah datang ke media sosial Anda demi menjaga hubungan baik dan agar tidak melewatkan kemungkinan terjadinya pembelian via media sosial.

3. Buat kampanye yang memicu pembaca untuk melakukan share

Word of Mouth share konten

Konten yang memiliki pemicu kuat bagi orang yang menemukannya untuk melakukan share biasanya akan hadir dalam bentuk video, foto atau artikel yang menarik. Semakin sering konten yang mengatasnamakan brand Anda mendapatkan jumlah share, maka semakin banyak link yang tercipta dan terarah ke situs bisnis Anda, semakin tinggi ranking situs Anda di search engine serta keywords yang memunculkan situs atau postingan bisnis Anda. Karenanya, untuk memungkinkan terjadinya hal ini, selalulah berupaya menghasilkan konten yang sekiranya menarik bagi orang-orang untuk memilih tombol share dan melakukan promosi untuk brand Anda.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Word of mouth akan berhasil apabila Anda selalu menjaga hubungan baik Anda dengan para konsumen. Cara ini harus selalu dilakukan oleh setiap produk yang ingin mempunyai loyalitas konsumen. Hubungan baik yang terjalin antara brand dengan konsumen akan membuat mereka merasa lebih mudah untuk merekomendasikannya pada orang terdekatnya.

Cara untuk membangun dan memperkuat hubungan adalah dengan menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam non stop melalui aplikasi customer service Qontak.com. Dimana Qontak.com menyediakan aplikasi customer service didukung Chatbot yang mampu merespon otomatis diluar jam operasional bisnis.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Baca juga: Aplikasi Marketing: 10 Pilihan Terbaik, No. 1 Wajib! dan Software untuk Customer Service: 3 Pilihan Terbaik


Tingkatkan Word of Mouth untuk Menarik Banyak Konsumen Sekarang!

Word of Mouth terbukti efektif menarik minat konsumen dengan cara efisien. Namun sebelum memulai kampanye word of mouth, Anda harus memastikan konsumen merasa puas dengan produk maupun layanan yang Anda berikan. Sebab, metode marketing dimulai dari konsumen yang merasa puas, kemudian menyebarkan informasi positif terkait brand Anda ke masyarakat luas.

Maka dari itu banyak perusahaan memanfaatkan aplikasi CRM yang mengelola hubungan pelanggan. Salah satu penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia adalah Qontak.com. Dimana aplikasi Qontak.com dapat mengelola seluruh aktivitas bisnis meliputi sales, marketing hingga customer service. Aplikasi CRM Qontak.com juga terintegrasi dengan sistem Omnichannel yang dapat menghubungkan semua saluran bisnis serta aplikasi lainnya.

Jadi tunggu apalagi, nikamti uji coba gratis Aplikasi CRM terbaik di Indonesia dari Qontak.com.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By